Strategies for Building Children's Religious Character in Foster Homes and Modern Tahfiz Institutions
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smp Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1–11.
Anggranti, W. (2022). Pembinaan Keagamaan Dalam Peningkatan Kesadaran Beragama Warga Binaan Lapas Perempuandan Anak Kelas Ii Tenggarong. Jpm: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17.
Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1208
Anwar, N. (2018). Ayat-Ayat Tentang Masyarakat: Kajian Konsep Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 124–149. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V2i2.1778
Ati, C. S., & Zaini, S. M. F. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan Sosial Dan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Cahaya Journal Of Research On Science Education, 2(1), 1–1330.
Bahri, S. (2021). Pembinaan Keagamaan Pondok Pesantren (H. Yaqin (Ed.)). Penerbit Lafadz Jaya.
Buana Sari, S. E. A. (2021). Pembinaan Akhlak Pada Remaja. Guepedia Publisher.
Cikka, H., & Hamid, U. (2020). Peran Panti Asuhan Almuhajirin Kota Palu Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Ditinjau Dari Hukum Islam. Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), 73–107. Https://Doi.Org/10.24239/Msw.V12i1.590
Damayanti, A., Pusari, R. W., & Kusumaningtyas, N. (2019). Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Sehari-Hari. Seminar Nasional Paud 2019, 146.
Elyas, A. H., Iskandar, E., & Suardi, S. (2020). Inovasi Model Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Kecamatan Hamparan Perak Dalam Pemilu. Warta Dharmawangsa, 14, 137–149.
Gunawan, Y., & Syamsudin, S. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Panti Asuhan Muhammadiyah Tuksono Kulonprogo. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 2(1), 52–62. Https://Doi.Org/10.59944/Jipsi.V2i1.110
Haidir, Sri Baniah, Amalia Fasya, Muhammad Tarmizi, A. H. (2022). Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatanekstrakurikuler Keagamaan (Tahfiz) Di Madrasah Aliyah Negeri 1medan. Jurnal Diversita, 8(1).
Handayani, R., Fitrotun, W., Saputra, R., & Fadhlullah, H. (2023). Metode Keteladanan Dan Nasehat Baik. Al-Islah: Jurnal Pendidikan, 3(1), 12.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Hutami, D. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak Religius Dan Toleransi. Cosmic Media Nusantara.
Ihsan, I., & Anis, M. (2021). Pola Pembinaan Anak Yatim Perspektif Hukum Islam Dan Undang-Undang Perlindungan Anak; Studi Kasus Lksa Di Panti Asuhan Amrillah Kab. Gowa. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum, 397–420. Https://Doi.Org/10.24252/Shautuna.V2i2.19146
Ilyas, M. (2021). Hadis Tentang Keutamaan Shalat Berjamaah. Jurnal Riset Agama, 1(2), 247–258. Https://Doi.Org/10.15575/Jra.V1i2.14526
Jemimut, Y. (2021). Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Peranan Orang Tua Asuh Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Remaja Di. 1(1), 9–15.
Kasim Hukul, St. Jumaeda, S. H. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 33. Https://Doi.Org/10.33477/Kjim.V1i1.882
Kemenag, R. (2019). Terjemahan Al-Quran. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran.
Kumalasari, R. (2022). Metode Pembinaan Karakter Islami Anak Asuh Di Uptd Lksa Panti Asuhan Suci Hati Meulaboh, Aceh Barat. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 20–30.
Kurniawati, H. (2019). Penanaman Berbagai Karakter Pada Anak Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Kota Surakarta Tahun 2019.
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian Orang Tua Dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.959
Listari, L. (2021). Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah). Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 7. Https://Doi.Org/10.26418/J-Psh.V12i1.46320
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 1–4.
Mohtar, I. (2017). Problematika Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mozolev, O., Marusynets, M., Zdanevych, L., Smuk, O., & Сhehi, T. (2021). Children’s Socialization In Family-Style Orphanages. Journal Of Social Sciences, 09(07), 154–167. Https://Doi.Org/10.4236/Jss.2021.97010
Muh, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Kedisiplinan Dalam Al-Qur’an Surah Al-Ashr Ayat 1-3 Menurut Tafsir Al-Maraghi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Muhfizar, D. (2020). Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep (Hartini (Ed.)). Cv. Media Sains Indonesia.
Muzakkir, M. Yusuf T, Nurismi, & Rismawati Ms. (2022). Penerapan Metode Nasihat Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Ibadah Salat Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Perumnas. Al Asma : Journal Of Islamic Education, 4(2), 110.
Na’immatussholilah, N., Hartatiana, H., & Sartika, I. D. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Kelas Awal. Journal Of Education Research, 2(4), 147–150. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V2i4.67
Ningsih, T. (2021). Pendidikan Karakter (Teori Dan Praktik). In M. H. Samiaji (Ed.), Cetakan 1. Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Novi Trilisiana, Erma Kusumawardani, Dwi Yani, Istiqamah Ardila, Sandi Pratiwi, D. (2023). Pendidikan Karakter: Vol. I (Issue 2). Selembar Karya Pustaka.
Rahmah, U. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini ( Aud). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–102. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.14421/Al-Athfal.2018.41-06
Refni Mayang Sari, D. (2022). Community Deducation. Uwais Inspirasi Indonesia.
Rofiatun, R., Aeni, K., & Hartono, H. (2023). Peranan Orang Tua Membentuk Kedisiplinan Anak Dalam Mengerjakan Tugas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1186–1198. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i1.4108
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (Try Koryati (Ed.)). Kbm Indonesia.
Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i3.19285
Sarwat Ahmad. (2018). Shalat Berjamaah. Rumah Fiqih Publishing.
Siswanto, S. (2018). Peran Pekerja Sosial Dalam Pembinaan Anak Asuh Melalui Life Skill Di Panti Asuhan Darul Hadlanah Pati. Inject (Interdisciplinary Journal Of Communication), 2(1), 123. Https://Doi.Org/10.18326/Inject.V2i1.123-140
Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Guepedia.
Sukatin, M. S. S. A.-F. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.
Syah, Z., & Sesmiarni, Z. (2022). Model Pembinaan Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Konsep Diri Dan Kemandirian Anak Asuh Di Panti Asuhan Fastabiqul Khairat Ko. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 62–70.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.192
Wahyuni, N. S., Psikologi, F., & Medan, U. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Smk Negeri 3. 2(2).
Waldi, D. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Man 1 Solok Plus Keterampilan. In Proposal Tesis.
Wenisa, K., & Syuraini, S. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Santri Taman Pendidikan Al- Qur ’ An. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2921–2926.
Yudowati, K. A., & Lumajang, B. W. (2021). Pola Komunikasi Guru Agama Islam Dalam Membina Akhlak Anak Disabilitas. Nusantara: Indonesian Journal Of Islamic Studies, 1(1), 129–158.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v14i2.33249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.