Strategi Meningkatkan Kualitas Agen Dalam Memperkuat Pangsa Pasar Asuransi Syariah Di Indonesia : Systematic Literatur Riview

Alia Chaniago, Andri Soemitra, Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract


Asuransi syariah merupakan sistem perlindungan finansial yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah Islam, yang menjamin keadilan, transparansi, dan bebas dari unsur riba dan gharar (ketidakpastian). Menganalisis strategi peningkatan kualitas agen dan pangsa pasar asuransi syariah di Indonesia merupakan tujuan studi ini. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan berbagai literatur yang relevan dari database elektronik seperti Google Scholar, Emerald Insight, dan ResearchGate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agen asuransi syariah sebagai peran kunci dalam menjangkau pasar lebih luas dan membangun kepercayaan masyarakat melalui pelayanan yang berkualitas dan edukasi yang efektif. Ditemukan bahwa strategi pemasaran, motivasi kerja, dan sertifikasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan agen. Dengan penerapan strategi-strategi ini, perusahaan asuransi syariah diharapkan dapat meningkatkan kinerja agen mereka, memperluas jaringan distribusi, dan menguatkan pangsa pasar di industri asuransi syariah Indonesia yang berkembang pesat.

Keywords


Kualitas Agen; Pangsa Pasar; Asuransi Syariah

References


AASI. (2023). Kinerja Dan Analisis Industri Asuransi Syariah Triwulan Iv Desember 2022. (April), 1–23.

Al Arif, M. N. R., & Firmansyah, B. (2021). Market structure and profitability: Evidence in the Indonesian islamic insurance industry. International Journal of Business and Society, 22(2), 1004–1014. https://doi.org/10.33736/ijbs.3778.2021

Asmara, G. I., & Nuriaslami. (2021). Pengaruh Proses Komunikasi Pemasaran Produk Asuransi Terhadap Minat Beli Calon Nasabah Asuransi. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 149–161. https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i2.72.149-161

Azhari, A. R., & Sukmaningrum, P. S. (2021). Determinan Profitabilitas Perusahaan Asuransi Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(4), 426. https://doi.org/10.20473/vol8iss20214pp426-438

Dewi, R. (2023). ISSN: xxxx-xxxx (Online) Advances in Marketing Research. 1(1), 48–58.

Dhona Shahreza, dan. (2021). Strategi Akselerasi Insurtech Syariah Meningkatkan Nasabah Pengguna Asuransi di Indonesa (Studi Kasus Startup YukTakaful). IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(2), 73–85.

Ermayanis, E., & Fatimah MZ, N. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Penjualan Polis Asuransi Syariah. AL-Muqayyad, 3(2), 144–152. https://doi.org/10.46963/jam.v3i2.201

Fitrah, A. T., & Aslami, N. (2022). Peran Agen Dalam Menentukan Perencanaan Pemasaran dan Meningkatkan Minat Nasabah terhadap Produk Asuransi Syariah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(1), 25–33. https://doi.org/10.47467/mk.v21i1.872

Hafifi, A., & Afandi, S. (2023). Praktik Asuransi Syariah Di Indonesia. Madani Syari’ah, 6(1), 57–67. https://doi.org/10.51476/madanisyariah.v6i1.485

Hamidah, C., Ramadhan, M., & Aslami, N. (2023). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Agen Asuransi yang Tidak Memenuhi Target pada AJB BumiPutera 1912 Medan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1206–1216. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.3950

Hanafi, dan U. S. (2020). Analisisi Persepsi Peserta Asuransisyariah Terhadap Kualitas Pelayanan Agen (Studi Perusahaan Pada Pt. Bumiputera Cabang Serang). 6(2), 161–174.

Harianja, L. R., Sugianto, & Daulay, A. N. (2024). Systematic Literatur Riview : Analisis Transformasi Digital Industri Asuransi Potensi (Insurtech) Di Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02), 466–480.

Hariantini, Z., Fakhri, M., Wijaya, P. A., & Arifuddin, M. (2024). Progresivitas Asuransi Syariah Sebagai Partisi Industri Keuangan Non Bank ( IKNB ) Syariah di Indonesia The Progressivity of Sharia Insurance as a Partition of the Sharia Non-Bank Financial Industry ( IKNB ) in Indonesia. 5(2), 7446–7457.

Hasanah, N. (2023). Pengaruh Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Asuransi Syariah Al-Amin Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6569

Mei, N., & Caesar, P. (2024). Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah Dalam Menarik Minat Generasi Milenial Melalui Media Sosial. 1(5), 44–53.

Nasution, S. A., & Yusrizal, Y. (2022). Tingkat Pemahaman dan Jasa Agen Dalam Meningkatkan Minat Calon Nasabah Menjadi Peserta Asuransi Syariah di PT Prudential Life Assurance Cabang Binjai Timur. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 975–983. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.995

Oberlian, O. (2019). Pengaruh Sistem Reward, Motivasi Dan Keterampilan Komunikasi Terhadap Produktivitas Kerja Agen Asuransi Sequis Life Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 124–133. https://doi.org/10.37058/jem.v5i2.1126

Prasetyo, E. Y., Sumarwan, U., & Hasanah, N. (2024). Enhancing Unit-linked Insurance Consumer Loyalty : The Role of Service Quality , Information Asymmetry , and Agent Marketing Strategies. 9, 142–162.

Prayogi, F. (2023). Faktor-Faktor Membuat Masyarakat Trauma pada Produk Asuransi di Kota Binjai. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, vol 3 no 3, 657–664. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i3.2730

Putri, N. (2021). VISA : Journal of Visions and Ideas Sekitar VISA : Journal of Visions and Ideas. VISA: Journal of Visions and Ideas, 3(3), 464–474.

Rahmawati, L., Sholikhah, F., Muslimah, H., Amalia, I. R., & Maghfiroh, L. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Pada Asuransi Syariah Pt Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Surabaya. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 30–43. https://doi.org/10.33650/profit.v5i2.3201

Ramadhani, D., Soemitra, A., & Imsar, I. (2023). Pengaruh Kinerja Agen Asuransi terhadap Kepuasan Nasabah dalam Proses Penyelesaian Klaim Produk Asuransi Jiwa: Studi Kasus pada AJB Bumiputera 1912 Wilayah Medan. As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 2(2), 209–214. https://doi.org/10.56672/syirkah.v2i2.106

Saniah, I., & Aidatus Sholihah, N. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Agen terhadap Pencapaian Penjualan Produk Asuransi Siswakoe (Studi Kasus di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Pusat Divisi Syariah Jakarta Selatan). Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 6(1), 37–52.

Sari, A. M., & Rahma, T. I. F. (2022). The Role of Agents in Increasing Sharia Insurance Customers at PT . Askrida Syariah Insurance Medan Branch Peranan Agen dalam Meningkatkan Nasabah Asuransi Syariah di PT . Asuransi Askrida Syariah Cabang Medan. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 433–444.

Tampubolon, S. R. A., & Lubis, F. A. (2023). Strategi Pemasaran Agen Untuk Mencapai Target Perusahaan Dengan Penjualan Produk Asuransi Umum Pada Pt. Asuransi Umum Bumiputera Muda Cabang Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(3), 15–22.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Widigdo, A. M. N., & Rusdiyana, A. S. (2022). Development Strategy of Sharia Insurance in Indonesia. Budapest International Research …, (December), 31199–31212.

Yuswardi, Y., & Jesen, J. (2022). Analisa Dampak Intrinsic & Extrinsic Reward, Employee Perceived Training Effectiveness Dan Leadership Terhadap Perfoma Karyawan Yang Dimediasi Oleh Motivasi Karyawan Pada Agen Asuransi Kota Batam. ECo-Buss, 5(1), 146–158. https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.333




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v14i2.33186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.