Pendidikan Adab-Adab Dalam Ibadah Menurut Imam Al Ghazali Dan Aplikasinya Di Perguruan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pemikiran pendidikan adab-adab dalam ibadah menurut Imam Al Ghazali. Penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif ini menerapkan metode studi literatur. Kajian ini menganalisis pemikiran adab-adab dalam ibadah menurut Imam Al Ghazali. Hasil analisis tersebut kemudian disusun untuk men-takhrij pemikiran pendidikan adab-adab dalam ibadah menurut Imam Al Ghazali yang dapat diaplikasikan dalam pendidikan Islam masa kini untuk meningkatkan pemahaman adab-adab ibadah di perguruan tinggi. Rumusan pemikiran pendidikan adab-adab ibadah yang dihasilkan di antaranya adab muslim secara umum; adab belajar dan mengajar; adab berbeda pendapat; adab dalam shalat; adab shaum; adab sedekah; adab ukhuwah; dan adab amar ma’ruf nahi mungkar. Muatan pembahasan yang diturunkan dari tujuan kriteria lulusan yang hendak dicapai kemudian dilengkapi dengan rencana pembelajaran yang sistematis; model dan metode pembelajaran yang aplikatif; penguatan peran dosen sebagai teladan dan sistem evaluasi berdasarkan penguasaan adab dan ilmu secara komprehensif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi (A. Husaini (ed.)). Yayasan Pendidikan Islam At Taqwa.
Bawazir, T. (2015). Jalan Tengah Demokrasi : Antara Fundamentalisme dan Sekularisme. Pustaka Al Kautsar.
Darda, A. (2016). Peran Pendidikan Islam Dalam Mensiasati Khilafiyah. At Ta’Dib, Volume 11(No. 1), 37–51. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.622
Farah, N., & Novianti, C. (2016). Fitrah Dan Perkembangan Jiwa Manusia Dalam Perspektif Al Ghazali. Jurnal Yaqzan, Volume 2(No. 2), 216–236.
Ghazali, A. (1991). Adab Fiddin (Adab dalam Agama). Gema Insani.
Ghazali, A. I. (1990a). Ihya’’ Ulumuddin Jilid 4. Penerbit Asy Syifa’.
Ghazali, A. I. (1990b). Ihya’ Ulumuddin Jilid 2. Penerbit Asy Syifa’.
Ghazali, A. I. (1990c). Ihya ’Ulumuddin Jilid 1. Penerbit Asy Syifa’.
Hardaker, G., & Sabki, A. A. (2018). A Spiritual Understanding of Islamic Education. Pedagogy in Islamic Education, 55–62. https://doi.org/10.1108/978-1-78754-531-120181005
Hillenbrand, C. (1999). The Crusades: Islamic Perspectives. Edinburgh University Press.
Jauhari, W. (2018). Hujjatul Islam Imam Al Ghazali. Rumah Fiqih Publishing.
Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Kakarkter dalam Islam : Pemikiran Al Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaqul Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3(No. 2), 197–215. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1792
Mahadhir, M. S. (2019). Pendidikan Islam Menurut Al Ghazali. Jurnal Raudhah : Tarbiyah Islamiyah, Volume 4(No. 1), 73–86. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.43
Muzakki, J. A. (2017). Pemikiran Al Ghazali Tentang Ganjaran Dan Hukuman Dalam Pendidikan Islam. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, Volume 3(No. 1), 1–11. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1253
Nurohman. (2020). Konsep Pendidikan Imam Al Ghazali dan Relevansinya dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal As Salam I, Volume IX(No. 1), 15–32. https://doi.org/https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.189
Pihasniwati, Lisnawati, & Nurwardani, M. (2016). Modul Pelatihan Pribadi Shiddiq untuk Pengembangan Karakter (Pengembangan Pemikiran Imam Al Ghazali). Jurnal Psikologi Integratif, Volume 4(No. 1), 37–49.
Ritonga, A. A., & Hasanah, L. (2019). Penanaman Nilai Kakarkter Menurut Imam Al Ghazali dalam Kitab Minajul Abidin. Tazkiya : Jurnal Pendidikan Islam, Volume VII(No. 2), 1–19.
Rostitawati, T. (2016). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Dalam Perspektif Al Ghazali. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4(No. 1), 44–54.
Sarwat, A. (2019). Muslim Perkotaan: Antara Gairah Agama dan Keterbatasan Ilmu (Fatih (ed.)). Rumah Fiqih Publishing.
Siradj, F. M. (2018). Relevansi Konsep Jiwa Al-Ghazali Dalam Pembentukkan Mentalitas yang Berakhlak. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 9(No. 1), 32–45.
Suban, A. (2020). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al Ghazali. Volume IV(No. 36), 87–99. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13760
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v13i2.23116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.