Efektivitas Aplikasi Google Meet Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Universitas Abdurrab
Abstract
Mahasiswa dan dosen Universitas Abdurrab tetap dapat melakukan proses pembelajaran sesuai dengan kebijakan pemerintah di saat pandemi Covid-19 dengan menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Banyak media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran daring seperti Zoom, Edmodo, Zenius, Google Meet, Zoom dan Whatsapp. Dari pengakuan mahasiswa dan dosen Universitas Abdurrab, aplikasi Google Meet lebih sering digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar namun belum pernah dilakukan pengujian terhadap efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian statistik terhadap efektifitas Google meet dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru. Teradapat 2 variabel dalam penelitian ini yakni X Efektivitas Google Meet dan Y Minat belajar mahasiswa Univ. Abdurrab Pekanbaru. X diukur dengan indikator efektivitas sutrisno dan Y diukur dengan indikator minat belajar Slameto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini dilakukan di Univeritas Abdurrab Pekanbaru. Dari total 2.363 orang populasi diambil sampel 100 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel Non Probality Sampling dengan rumus Proportionate Strafied Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan Google Form. Data yang diperoleh di lapangan dianalisa menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data, pembahasan, dan uraian dari setiap temuan yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan : Ha diterima, yang artinya aplikasi Google Meet efektif dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Universitas Abdurrab. Hal tersebut dibuktikan dengan membandingkan Fhitung ≥ Ftabel hasil pengolahan data memperoleh Fhitung = 26,081 ≥ Ftabel = 3,09. Artinya Google Meet memiliki korelasi atau hubungan yang simultan dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, D. (2020). Pengertian google meet, fitur, manfaat, cara menggunakan. Retrieved Maret 26, 2021, From Dianisa.com: https://dianisa.com/pengertian-google-meet/
Irfai, Muhammad. Efektifitas Mediasi dalam Perkara Perceraian. Skripsi https://digilib.uin-suka.ac.id
Kasmiadi & Sunariah, N., S. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Kompas.com. (2021). Sejak April 2021, Kasus Covid-19 di Pulau Sumatra Meningkat. Retreived Mei 14, 2021, From News Setop: https://newssetup.kontan.co.id/news/sejak-april-2021-kasus-covid-19-di- pulau-sumatra-meningkat?page=all
Naim, Ngainun. (2016). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Arruzz- Media
Nilakandi, Zuhorh. (2021). Pengertian Google Meet beserta Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya. Retrieved Mei, 27, 2020. From Nasabamedia: https://www.nesabamedia.com/pengertian-google-meet/
Merdeka.com. (2021) . Data Terkini Korban Virus Corona di Indonesia per April 2021. Retrieved April 30, 2021. Merdeka: https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-korban-virus-corona-di- indonesia-per-april-2021.html
Ramli, Muhammad. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: PT. Iain Antasari Press
Ricardo, Intansari Meilani. Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan manajemen perkantoran. Vol 2, No 2 (2017). Https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8108elajar+mahasiswa+edy+syahputra&printsec=frontcover
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. BandungAlfabeta
________. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani
Syahputra, Edy. (2020). Snowball Thorowing: Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Snowball_Throwing_Tingkatkan_ Minat_dan_H/nJPaDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tingkatkan+minat+b
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v11i1.14036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.