Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Kartu Soal dan Ular Tangga

Silvia Elastari Matondang

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa yang signifikan pada siswa yang dibelajarkan dengan media kartu soal dan media ular tangga pada pembelajaran termokimia dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI yang dengan materi termokimia berdasarkan kurikulum K-13. Sampel yang diambil yaitu SMA Negeri 10 Medan sebanyak 2 kelas dengan masing-masing siswa 30 orang. Yang menjadi instrumen penelitian ini adalah non tes (angket). Analisis instrumen penelitian menggunakan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa secara signifikan (α=5%), baik yang dibelajarkan dengan media kartu soal maupun dengan media ular tangga, pada kelas yang dibelajarkan dengan media kartu soal koefisien korelasinya yaitu sebesar 0.893 dan kelas yang dibelajarkan dengan media ular tangga koefisien korelasinya yaitu sebesar 0,674.


Keywords


Motivasi, Team Games Tournament, Kartu Soal, Ular Tangga.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v9i1.34148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan



Indexing

Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan (P-ISSN: 2549-1679; E-ISSN 2807-8241) was indexed in :

 

             

 

 

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

 

email : konfigurasi.pka@uin-suska.ac.id