PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI B3 (BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN)

Yati Oktari, Heppy Okmarisa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran masih kurang dan monoton sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizlet terhadap hasil belajar siswa pada materi B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) di SMK Abdurrab Pekanbaru. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dan desain yang digunakan pretest-posttest control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TF 1 sebagai kelas kontrol dan X TF 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes berupa soal objektif dengan pengolahan data menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi, dan dokumentasi. Pada uji-t diperoleh hasil sig (2-tailed) = 0.002 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai (r2) = 0.173, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran quizlet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) sebesar 17.3%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i2.31427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan



Indexing

Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan (P-ISSN: 2549-1679; E-ISSN 2807-8241) was indexed in :

 

             

 

 

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

 

email : konfigurasi.pka@uin-suska.ac.id