ANALISIS BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILLS) MATERI SISTEM KOLOID

irfa khoirun nadia, effendi nawawi

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi era revolusi 4.0. Hal tersebut dikarenakan orang yang berpikir kritis mampu berpikir logis dan rasional serta dapat melakukan berbagai keterampilan yaitu menganalisis dan mengevaluasi informasi, menyusun pertanyaan dan masalah dengan jelas, menilai informasi yang relevan dan mampu mengomunikasikan informasi dengan efektif. Berdarkan hal tersebut tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS materi kimia sistem koloid. Penelitian ini menggunakan metode tes. Tehnik pengambilan sampel penelitian ini yaitu purposive sampling.  Hasil penelitian diperoleh nilai persentase dari ketercapaian indikator berpikir kritis pada siswa SMA Negeri 1 Tanjung Batu  ketercapaian indikator interpretasi sebesar 36% dengan kategori rendah, ketrcapaian indikator analisis sebesar 71% dengan kategori tinggi, ketercpaian indikator evaluasi sebesar 30% dengan kategori rendah, serta ketercpaian pada indikator inferensi sebesar 53% dengan kategori cukup.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i1.28049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan



Indexing

Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan (P-ISSN: 2549-1679; E-ISSN 2807-8241) was indexed in :

 

             

 

 

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

 

email : konfigurasi.pka@uin-suska.ac.id