Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri dan Metakognisi pada Materi Koloid di MAN 2 TANAH DATAR
dona afriyani
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertolak dari satu permasalahan yaitu berupa rendahnya hasil belajar peserta didik, salah satu penyebabnya bahan ajar yang digunakan disekolah berupa buku paket, modul dan LKS. Dimana modul dan LKS digunakan pada semester 1, sedangkan untuk semester 2 materi koloid, pendidik menggunakan buku paket. Sedangkan untuk model pembelajaran yang digunakan berupa model pembelajaran langsung dan sudah mengarah ke proses inkuiri. Dalam menggunakan model pembelajaran pendidik menginformasikan kurang konsistenya dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan belum adanya tuntunan yang dapat mengarahkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Dengan demikian, maka perlu adanya bahan ajar yang dapat digunakan pendidik dan peserta didik yaitu berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri dan metakognisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri dan metakognisi pada materi koloid yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tahapan yaitu: define, desain, develop, dan disseminate. Tahap define peneliti lakukan untuk mengetahui kondisi, masalah atau hambatan yang dihadapi di sekolah, kebutuhan peserta didik, analisis literatur, dan tujuan pembelajaran. Tahap desain ini, dilakukan untuk menyiapkan bahan ajar yang dikembangkan. Tahap developuntuk menghasilkan LKS berbasis inkuiri dan metakognisi yang valid dan direvisi berdasarkan masukan dari validator dan untuk melihat praktikalitas produk yang dikembangkan. Tahap disseminate ini tidak peneliti laksanakan karena keterbatasan biaya dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri dan metakognisi telah valid dan praktis. Hasil validitas adalah 82% dengan kategori sangat valid dan hasil praktikalitas melalui angket respon peserta didik memperoleh persentase 86,9% dengan kategori sangat praktis.