HUBUNGAN PERGAULAN DAN PERKEMBANGAN MORAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Nur Sakinah

Abstract


Salah satu indikator menurunnya aktivitas belajar siswa adalah pergaulan siswa. Di samping itu juga, ada kecenderungan perkembangan moral siswa yang kurang baik. Kedua indikator tersebut memiliki hubungan yang signifikan terhadap kecenderungan aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, perbaikan dan peningkatan pada pergaulan dan perkembangan moral akan membawa dampak positif bagi peningkatan aktivitas belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menelaah sampai sejauh mana hubungan pergaulan dan perkembangan moral terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Mandala Medan.


Full Text:

PDF

References


Ary, Donald, Lucy R. Jacobs dan Asghar Bazavieh, Introduction to Research in Education, New York:Holt, Reinhart and Winston, 1970

Azhar, Saifuddin, Realibilitas dan Validitas, yogyakarta:Pustaka Pelajar, 1995.

Antony J. Nitko, Educational Test and Measurement an Introduction, New York:Harcourt Brave Javanovich, Inc., 1983.

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung:al-Ma’arif, 1986.

Cronlund, Norman E., Meusurument and Evaluation in teaching, New York: MacMillan Publishing Company, 1985.

M. Athiyah al-Abrasyn, Dasar-Dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1970.

Fasli Jalal, Stimulasi Otak untuk Mengoptimalisasi Kecerdasan Anak, Buletin PAUD, Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, Edisi 02, Jakarta:Direktorat PAUD, 2002.

Gerungan, W.A, Psikologi Sosial, Bandung:Erasco, 1991.

Hurlock, Elizabeth, Psikologi Perkembangan:Suatu Pendidikan Sepanjang Rentang Kehidupan, terj. Istiwidayanti, Jakarta:Erlambang, 1991.

Humadi, Tatap Angarsa, Akhlak yang Mulia, Surabaya:Bina Ilmu, 1991.

James Draver, The Pinguin Dictionary of Psychology, Aucland New Zeland: Penguin Book, 1981.

Mu’ti, Abdul, Proses Belajar: Pendekatan Kognitif, dalam PBM-PAI di Sekolah:Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, Semarang:Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo Semarang, 1998.

Maslow, Abraham. H, Motivation and Personality, New York:Harper and Row Publishing, 1970.

Rayamulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kalam Mulia, 2004.

Suyanto, Agus, Psikologi Perkembangan, Jakarta:Aksara Baru, 1999.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:PT. Rineka Cipta, 1991.

Suwarno, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta:Aksara Baru, 1982.

Supraktiknya, A., dalam kata Pengantar, Hall, Calvin, and Gardner Lindsey, Teori-Teori Psikodinamik (klinis), terj. Yustinus, judul asli, Theories of Personality, Yogyakarta:Kanisius, 1993.

Supriono, Widodo, Filsafat Manusia dalam Islam, Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Jogyakarta, 1996.

Ulrich Neisser, Cognition nd Reality , San Fransisco: W.H. Freeman, 1976, hlm.1.

Winkel, WS., Psikologi Pengajaran, Jakarta:Gramedia Widya Sarana Indonesia, 1989.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v1i1.6289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id