Keberagaman Pemberitaan Covid-19 di Seputar iNews Siang RCTI saat Darurat Bencana di Indonesia

Musfialdy Musfialdy

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebakan peningkatan kebutuhan informasi masyarakat pada saat itu. Setiap hari manusia selalu bersentuhan dan membutuhkan informasi dari media. Seiring dengan peningkatan kebutuhan informasi, media juga meningkatkan jumlah pemberitaan tentang pandemi Covid 19. Seputar iNews Siang RCTI merupakan program pemberitaan televise swasta tertua di Indonesia. RCTI juga meningkatkan pemberitaan Covid-19 pada massa darurat bencana bulan Maret-Mei 2020. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa gambaran tentang keberagaman pemberitaan Covid-19 di RCTI selama masa darurat bencana (maret-mei 2020). Metode penelitian yang digunakan Survei dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Hierarki Media yang diusung oleh Shoemaker-Reese. Berdasarkan analisis, Pemberitaan Covid-19, Seputar Indonesia iNews terjadi peningkatan secara signifikan dengan puncaknya pengumuman penderita pertama di Indonesia. Kesimpulan penelitian ini peningkatan pemberitaan menyebabkan keberagaman pemberitaan covid-19 didominasi oleh kepentingan dan kelompok tertentu. Keberagaman pemberitaan Covid-19 di seputar iNews RCTI terlihat pada tema dan sumber pemberitaan.


Keywords


RCTI, pandemi Covid-19; keberagaman

Full Text:

PDF

References


Aminah S., (2006), “Politik Media, Demokrasi dan Media Politik”, Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Vol. 19, No, 3. Hlm. 35-46. https://journal.unair.ac.id/MKP @politik-media,-demokrasi-dan-media-politik-article-2202-media-15-category-8.html

Bukran Efendi, (2021), Dinamika Komunikasi, El-Hikam Vol 14, No 2. Hal 236-264. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/111

Bungin, Burhan, (2007), Metodologi Penelitian Kuantitatif. Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainya, Putra Grafik. Hal 30

Cresswell, J., W., (2009) Research Design qualitative quantitative and mixed methods approached (3rd edition), London: SAGE Publications.

Dwyer. T & Martin F, (2010), Updating Diversity of Voice Arguments for Online News Media. Global Media Journal. Vol 4 No 1 Hal 21-60 https://www.academia. edu/2414228/Updating_Diversity_of_Voice_Arguments_for_Online_News_Media

Kim D., H., (2016), Diversity Policies in the Media Marketplace:A Review of Studies of Minority Ownership, Employment, and Content. International Journal of Communication Vol 10, hal 2201–2220. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/ 2458/1647

Koesmawardhani, N.,W., Detiknews, (2020). Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona hingga 29 Mei 2020. Detiknews. Available from https://news.detik.com/berita/d-4942327/pemerintah- tetapkan-masa-darurat-bencana-corona-hingga-29-mei-2020 .

Manap Solihat, (2015) Diversifikasi Media Massa Dan Demokrasi Di Indonesia (Penguatan Peran Media Massa serta Masyarakat dalam Mewujudkan Demokrasi. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 5 No. 2. Hal ; 95-102. https://ojs.unikom. ac.id/index.php /jipsi/article/view/230

Marlinda Oktavia Erwanti., Detiknews. (2020). Data Pasien Corona di RI: Laki-laki Lebih Mendominasi Dibanding Perempuan Available from: https://news.detik.com/berita/d-4992792/data-pasien-corona-di-ri-laki-laki-lebih-mendominasi-dibanding-perempuan.

Nur R., Y., & Annisa, R., (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i.Hal 227-238 https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15083/0

Nurly Meilinda, (2018), Social Media On Campus: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI., The Journal of Society & Media., Vol. 2 no.1 hal 53-64.

Pebrianto, Fajar. (2021), Bisnis Media MNC, Hary Tanoe Sebut Jumlah Pemirsa TV Meningkat Sangat Luar Biasa. Tempo.Co. Senin, 8 Februari 2021 14:14 WIB Available from: https://bisnis.tempo.co/read/1430838/bisnis-media-mnc-hary-tanoe-sebut-jumlah-pemirsa-tv-meningkat-sangat-luar-biasa/full&view=ok.

Reza Pahlevi, Databoks-KataData, (2021), Grup MNC Kuasai Pangsa Penonton Televisi Indonesia https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/19/grup-mnc-kuasai-pangsa-pe nonton-televisi-indonesia

Shoemaker, Pamela J. dan Stephen D. Reese. (1996). Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. USA: Longmann.

Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia, (2019). TV Tanoesoedibjo & Sariatmadja Bersaing, Mana yang Unggul? Available from: https://www.cnbcindonesia.com/market/2019061207 5130-17-77731/tv tanoesoedibjo-sariatmadja-bersaing-mana-yang-unggul.

Turmudi., Harini, S (2008) Metode Statistika; Pendekatan teori dan Aplikatif (Malang; UIN Malang Press, hal 44-47.

Virajati C, Setianto, W., S. Kebijakan Redaksi Media dalam Pemberitaan Kehumasan. Jurnal Kominfo IPTEK-KOM, Vol. 21 No. 1, Juni 2019: 59 - 73

World Health Organization (WHO) (2020). Situation Report – 42 [Internet]. 2020 [updated 2020 March 02; cited 2020 March 15]. Available from: https://www.who.int/docs /default-source/coronavirus/situation-reports/20200302-sitrep-42-Covid-19. pdf?sfvrsn= 224c1add_2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v6i1.30643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id