Representasi Profesional Public Relations pada Tokoh Bae Ta Mi dalam Drama Korea Search: WWW

Riza Helmi Putri, Siti Nur Rosyidah, Ulfa Dwi Damayanti, Mila Sari

Abstract


Penelitian ini berfokus pada Representasi Profesional Public Relations Pada Tokoh Bae Ta Mi Dalam Drama Korea Search: WWW. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui representasi profesional Public Relations pada tokoh Bae Ta Mi dalam drama Korea Search:WWW dengan memanfaatkan sudut pandang kajian semiotika John Fiske. Hasil penelitian ini  tokoh Bae Ta Mi memenuhi syarat profesional Public Relations dari ketiga level kajian semiotika John Fiske. Baik dari level realitas, representasi dan ideology. Tokoh Bae Ta Mi dapat merepresentasikan seorang profesional Public Relations. Dalam drama yang menggambarkan tentang kemajuan teknologi komunikasi di mana membahas tentang persaingan dua perusahaan portal web, Bae Ta Mi sebagai Public Relations yang bekerja di sana digambarkan berintegritas dan berkualitas


Keywords


Representasi; semiotika John Fiske; professional Public Relations, etika profesi; Bae Ta Mi; Search:WWW

Full Text:

PDF

References


Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214

Barker, C. (2012). Cultural Studies dan Praktik. Kreasi Kencana.

Dewa, Putri, N. K. (2017). Etika Profesi dan Profesionalisme Public Relations. 1–14.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKiS.

Fiske, J. (2004). Cultural and Communication Studies. Jalasutra.

Hariyadin, N. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN Nasihudin dan Hariyadin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta , Indonesia INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 08 April 2021 Diterima dalam bentuk revisi r. 2(4), 733–743.

Jamil Bazarah, Ahmad Jubaidi, dan F. H. (2021). INDONESIA, KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI Pelayanan, (Analisis Literasi Penyelenggaraan Indonesia). DEDIKASI, 22(2), 105–122.

Kriyantono. (2014). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Prenada Media.

Lestari, Y. T., Setianti, Y., & Priyatna, C. C. (2019). Aktivitas Perhumas Indonesia Dalam Meningkatkan Profesionalisme Anggotanya Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). JRK (Jurnal Riset Komunikasi),9(1),91–112. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=t3WoDQcAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=t3WoDQcAAAAJ:kNdYIx-mwKoC

Munazir, A., Yuliati, N., & Fiske, J. (2019). Representasi Karakter Peran Public Relations Officer dalam Film The Publicist The Role Character Representation of Public Relations Officer in The Publicist ’ s diIndonesia dari tahun ke tahun , tampak dalam jumlah produksi film dan terlihat dari banyakny. Prosiding Hubungan Masyarakat, 804–811.

Mustafa, I. (2019). Konsep Brain, Beauty and Behavior (3B) Pada Profesi Public Relations. Avant Garde, 7(1), 105. https://doi.org/10.36080/avg.v7i1.853

Najwa, S. A. (2022). Elemen Humas dalam Drama Korea Search:WWW. Imogen. https://imogenpr.com/unsur-public-relations-dalam-drama-korea-search-www/

Neni, Y. (2004). Profesi Public Relations Identik dengan Perempuan. Jlimbar, xx.

Norisanti, N., & Jhoansyah, D. (2019). Optimalisasi Kemampuan Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal ADHUM, 1(1), 45.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Patrianti, T. (2020). Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran. Kais, 1(1), 44–55. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/kais/article/view/6289

Permatasari, A. A., & Fahmi, H. (2020). Representasi Profesi Public Relations Pada Serial Tv Search:Www. Prosiding Hubungan Masyarakat, 149–152. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22542

Putri, A. Y. (1978). THE IDES OF MARCH : REPRESENTASI ETOS KERJA SEORANG PUBLIC RELATION. 241–252.

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940

Rahmitha, khisma, Yani, R., & Nabila, P. (2021). Pentingnya Etika Public Relations Melalui Media Sosial Mengenai Kasus Pelecehan Seksual Di KRL Commuter Line. Sadida Islamic Communications Media, 1(1), 1–24.

Rianda, A. (2018). Etika humas pemerintah kabupaten aceh barat daya dalam menjalin hubungan dengan media cetak. 1–64.

Ridwan, F., & Adji, M. (2019). Representasi Feminisme Pada Tokoh Utama Dalam Film Crazy Rich Asian: Kajian Semiotika. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(2), 27–37. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i2.1282

Search: WWW. (2022). Daylicia.Com. https://www.dailysia.com/sinopsis-search-www-episode-1-16-lengkap/

Shim, D. (2006). Hybridity and the Rise of Korean Popular Culture in Asia. Media, Culture and Society. Repositori SchoolarBank@NUS, 28, 25–44.

Siti, K. (2011). Modul Perkuliahan Pengantar Public Relations. Universitas Mercu Buana.

Syifani. (2006). Penelitian good corporate governance pada perguruan tinggi (UII) dengan variabel penelitian Transparansy, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness.

Tikka, G. (2018). Representasi Feminisme dalam Film “Namaku Siti” (Analisis Tekstual Alan McKee Pada Tokoh Siti) [Universitas Brawijaya Malang]. In Bitkom Research. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Penerbit Ghalia Indonesia.

Yudarwati, G. A. (2013). Community Relations: Bentuk Tanggung Jawab Sosial Organisasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1(2), 143–156. https://doi.org/10.24002/jik.v1i2.164

Yusva, K., Sari, S., & Asnawati. (2022). The Representation of Obsession in Korean Drama ( Study on the Movie “ Door Lock ”) Representasi Obsesi dalam Drama Korea ( Studi pada Film “ Door Lock ”). Jurnal Iso, 2(1), 27–34. doi: https://doi.org/10.53697/iso.v2i1

Zuhri, S. (2016). Etika Profesi Public Relations. Etika Profesi Public Relations, 1. http://eprints.upnjatim.ac.id/3058/1/public_relations.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v4i2.21668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id