Personal Branding: Pembentukan Identitas Yulia Baltschun sebagai Diet Specialist di Media Sosial

Sukma Fitria, Febby Amelia Trisakti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana personal branding yang dilakukan oleh Yulia baltschun sebagai diet specialist di media sosial. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan mengunakan metode studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori interaksi simbolik dan konsep personal branding oleh Peter Montoya. Hasil dari penelitian ini bahwa kompetensi yang dimiliki Yulia dalam personal brandingnya adalah Yulia merupakan diet specialist. Tujuan Yulia menjadi seorang diet specialist adalah untuk meluruskan miskonsepsi diet yang terjadi di Indonesia, terus mengedukasi, mengupgrade ilmu dengan mengikuti sertifikasi-sertifikasi, dengan Teori Interaksi Simbolik yang betujuan untuk menanamkan pola pikir kepada audiens dan membentuk makna melalui proses komunikasi yang terjadi. Berdasarkan konten postingan yang didapat di media sosial Instagram dan Youtube. Identitas diri Yulia Baltschun diperlihatkan dari spesialisasi, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan nama baik yang dimilikinya. Pembentukan identitas diri yang tepat tersebutlah maka Yulia Batschun berhasil dalam membentuk personal branding yang tepat yaitu sebagai diet specialist.


Keywords


Personal branding; interaksi simbolik; diet spesialis; media sosial

Full Text:

PDF

References


Ambadar dan Abiding (2007). Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsi

Brems, C., Temmerman, M., Graham, T., & Broersma, M. (2017). Personal Branding on Twitter: How employed and freelance journalists stage themselves on social media. Digital Journalism, 5(4), 443–459. https://doi.org/10.1080/21670811.2016.1176534

Chen, C.-P. (2013). Exploring Personal Branding on YouTube. Journal of Internet Commerce, 12(4), 332–347. https://doi.org/10.1080/15332861.2013.859041

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC%5C_pOQC

Fikri, D. A. (2018). Ahli Gizi: Masyarakat Indonesia Salah Mengartikan Diet: Okezone Lifestyle. Okezone.com. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/12/12/481/1990397/ahli-gizi-masyarakat-indonesia-salah-mengartikan-diet

Furqon, F. F., Romli, R., & Prastowo, A. A. (2020). PERSONAL BRANDING ANDREA GUNAWAN SEBAGAI LIFESTYLE INFLUENCER DI INSTAGRAM. 3(1).

Gorbatov, S., Khapova, S. N., & Lysova, E. I. (2019). Get Noticed to Get Ahead: The Impact of Personal Branding on Career Success. Frontiers in Psychology, 10, 2662. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02662

Health, A. D. (2014). Jangan Salah Kaprah, “Diet” Bukan Cuma Urusan Turun Berat Badan. Detik.com. https://health.detik.com/diet/d-2574309/jangan-salah-kaprah-diet-bukan-cuma-urusan-turun-berat-badan

Khedher, M. (2014). Personal Branding Phenomenon. International Journal of Information, Business and Management, 6(2).

Labrecque, L. I., Markos, E., & Milne, G. R. (2011). Online Personal Branding: Processes, Challenges, and Implications. Journal of Interactive Marketing, 25(1), 37–50. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2010.09.002

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008). Theories of Human Communication. Dalam International student edition. Thomson/Wadsworth. https://books.google.co.id/books?id=r3Fk0aRpJM4C

Marin, G. D., & Nilă, C. (2021). Branding in social media. Using LinkedIn in personal brand communication: A study on communications/marketing and recruitment/human resources specialists perception. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100174. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100174

Montoya, P., & Vandehey, T. (2003). The Brand Called You: The Ultimate Brand-building and Business Development Handbook to Transform Anyone Into an Indispensable Personal Brand. Personal Branding Press. https://books.google.co.id/books?id=o1h0qgpdJRcC

Muhamad Fadhol Tamimy. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu. VisiMedia Pustaka.

Stevani, S., & Widayatmoko, W. (2017). Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding. Jurnal Komunikasi, 9(1), 65. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.225

UI, D. S. M. B. I. F. (2021). Tren Diet Remaja: Dari Nothing Jadi Stunting. Viva.co.id. https://www.viva.co.id/vstory/kesehatan-vstory/1400554-tren-diet-remaja-dari-nothing-jadi-stunting

West, R., & Turner, L. H. (2013). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. McGraw-Hill. https://books.google.co.id/books?id=a3J6CgAAQBAJ




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v4i1.17770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id