Nilai Edukasi pada Aplikasi TikTok di Kalangan Remaja Kota Bandung

Fajar Nurdiansyah, Titin Suhartini

Abstract


Aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan remaja, berbagai macam konten dapat ditemukan di aplikasi TikTok, mulai dari konten hiburan hingga konten edukasi. Hal ini menjadikan aplikasi TikTok sebagai media informasi sekaligus mengedukasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi dari pengalaman informan terhadap konten edukatif di aplikasi TikTok. Dengan informan penelitian yaitu remaja yang di berada di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi TikTok memudahkan untuk mendapatkan konten edukasi, nilai-nilai edukasi yang terkandung memiliki manfaat yang luas, menjadikan aplikasi TikTok memiliki keunggulan dari segi kebutuhan informasi dan bentuk pemfilteran belum memiliki keamanan yang kuat karena aplikasi ini digunakan diberbagai belahan dunia sehingga memiliki peranan akan nilai kebijakan yang pada akhirnya harus digeneralisasi secara umum.


Keywords


TikTok; media sosial; nilai edukasi; persepsi

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., Wijayanto, X. A., Desiana, F., & Astuti, S. I. (2021). Aman Bermedia Digital (G. J. Adikara & N. Kurnia (eds.)). Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31–42.

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2021). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 11.

Axanta, V., & Purba, V. (2020). Pemaknaan Rasisme Dalam Film Green Book. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 226–238.

Bohang, F. K. (2018, July 5). Tik Tok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia. Www.Kompas.Com. https://pemilu.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia

Carolina, M., & Mahestu, G. (2020). Prilaku Komunikasi Remaja dengan Kecenderungan FoMo. Jurnal Riset Komunikasi, 11(1), 24.

Hadi, I. P. (2008). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis. Scriptura, 3(1), 1–7.

Hapsari, S. A., Pratiwi, M. R., & Indrayani, H. (2020). Konten Edukasi Pengasuhan Anak Melalui Media Online Komunitas Parenting Keluargakita.Com. International Conference Communication and Sosial Sciences (ICCOMSOS), 1(1), 12.

Hariansyah, M. (2018). Millenials “Bukan Generasi Micin.” Guepedia Publisher.

Hutamy, E. T., Swartika, F., Naila, A., Azisah, Q., Hasan, M., Ekonomi, P., Makassar, U. N., & Makassar, P. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 12.

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958

Ludwianto, B. (2020). Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet. Www.Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full

Nasution, N. S., Musthofa, S. B., & Shaluhiyah, Z. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 Dalam Media Sosial : Gambaran Konten Video Tiktok. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 180–187.

Nisa, U. (2017). Studi Resepsi Khalayak terhadap Pemberitaan Syariat Islam pada Kompas.com. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 74–89.

Susilowati. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.

Yayu, N., Anisti, A., Hidayat, D., & Suhadi, M. (2019). Pendekatan intercultural communication pada public relations PT Santos dalam membangun komunikasi empati. PRofesi Humas, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.18626




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.14212

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id