Podcast: Media Baru Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Era Disruptif
Abstract
Podcast menjadi salah satu media yang memiliki karakteristik platform digital informations, menjadi semakin tren pada beberapa tahun ke belakang, dengan bentuk sajian yang menyerupai radio, yaitu sajian informasi berupa audio atau suara tanpa visual, sebuah produk baru dalam media di era disruptif sebagai wujud pemenuhan kebutuhan informasi bagi khalayak luas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perihal proses dari pembuatan konten podcast sebagai media baru oleh salah satu konten kreator yang menjadi subjek penelitian, yaitu “Man Behind The Gun” yang berisikan konten mengenai wawancara berformat tanya jawab seputar dunia industri kreatif dan para pelaku dibalik industri kreatif itu sendiri. Hasil pada penelitian ini mengenai podcast menjadi media pemenuhan kebutuhan informasi di era disruptif pada program “Man Behind The Gun”, proses pemenuhan kebutuhan informasi memang memiliki relatifitas pada kenyataanya, dan media yang dipakai pun menjadi pembentukan komitmen antara “Man Behind The Gun” ketika pada akhirnya memilih podcast sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi bagi para pendengarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562
J.R.Raco. (2010). Metode penelitian Kualitatif jenis,karekteristik dan kenggulannya (Arita L (ed.)). PT Gramedia Widiasarana. file:///C:/Users/Lenovo/AppData/Local/Temp/metode-penelitian-kualitatif.pdf
labiq. (n.d.). Pengaruh “New Media” Terhadap Pergeseran Otoritas Keagamaan. Geotimes.Co.Id. Retrieved August 5, 2020, from https://geotimes.co.id/opini/pengaruh-new-media-terhadap-pergeseran-otoritas-keagamaan/
Mondry, & Sikumbang, R. (2016). Pemahaman teori dan praktik jurnalistik / Mondry ; editor, Risman Sikumbang. In R. Sikumbang (Ed.), Ghalia Indonesia (2nd ed.). Ghalia Indonesia. https://www.kompasiana.com/shellashe/58a54169a123bd1e3ab352f9/mengenal-new-media-di-era-teknologi?page=all
MS, D. (2017). Media Baru Sebagai Informasi Budaya Global. Jurnal Komunikator, 9(1), 5–18.
Nindito, S. (2013). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 2(1), 79–95. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.254
Pustaka, K. (2003). Bab ii kajian pustaka dan kerangka teori 2.1. 12–33.
Putri, N. R., & Irwansyah. (2020). Podcast: Potensi Dan Pertumbuhannya Di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11, 1–11.
Rohiyat, N. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN BULETIN INTERNAL INFOKITA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI INTERNAL KARYAWAN PT. KOMPAS GRAMEDIA PALMERAH SELATAN. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Sufyati. (2019). Konvergensi Media dalam Religiusitas Masyarakat. Sosiologi Reflektif, 13(2), 313–330.
Wibisono, G. (2019). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News From Indonesia’ Terhadap Perilaku Nasionalisme. Jurnal Studi Pemuda, 6(2), 560. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39264
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i1.10455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id