Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X Fase E1 Semester Ganjil TP 2024/2025 Di SMA Negeri 2 Pangkalan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas X Fase E 1 Semester Ganjil TP 2024/2025 di SMA Negeri 2 Kec. Pangkalan Koto Baru. Penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran Geografi, dengan menggunakaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Kegiatan ini dilaksanakan pada Oktober 2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kec. Pangkalan Koto Baru yang berlokasi di JL. Lintas Sumbar-Riau KM-75 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Fase E1 yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik dari siklus ke siklus meningkat. Peningkatan terjadi pada setiap indikator dengan rata-rata persentase siklus 1 yaitu 73,7 % dan siklus 2 sebesar 81,8% sehingga dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam 2 siklus sebesar adalah 80,2%. Artinya aktivitas belajar peserta didik masuk dalam kategori tinggi (tercapai). Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Geografi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, A. (2019). CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. Https://Www.e-Journal.My.Id/Cjpe/Article/View/113/88. https://e-journal.my.id/cjpe
Avita Nurhidayah, D. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Materi Geometri. In Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 3, Issue 2).
Dinda Aulia Rahmi, Jannatul Ma’wa, & Jesi Alexander Alim. (2023). Analisi Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.2970
Fakhrurrazi, O. : (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. In Jurnal At-Tafkir: Vol. XI (Issue 1).
hazmiwati. (2018). penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-72c8991f.
Matona, A. (2024). Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Delapan Indikator Motivasi Belajar Pada Materi Hari Akhir Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 17 Wonosari. In Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan (Vol. 2, Issue 5). https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/almihnah/article/view/2520/1695
Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. http://jiss.publikasiindonesia.id/
Murtini, S., Si Bambang Sigit Widodo, M., & Penerbit, Mp. (2020). Pembelajaran Inovatif II.
Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Musamus Journal of Primary Education, 67–75. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177
Risdianti, K., & Prasetya, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Devision (STAD) dan Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Materi Dinamika Kependudukan Di Indonesia Kelas XI MIPA MAN 2 Gresik.
Septian, A., Agustina, D., Maghfirah, D., & Suryakancana, U. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 2, Issue 2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v5i1.35776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
![]() | ![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() |
![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() |
![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() |
Published By:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.