Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Sparkol Video Scribe Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran dengan sparkol video scribe pada materi mitigasi bencana alam, mengetahui kelayakan media pembelajaran sparkol video scribe pada materi mitigasi bencana alam, dan mengetahui respon siswa terkait dengan media pembelajaran sparkol video scribe. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Swasta parulian 1 medan, objek penelitian adalah media pembelajaran sparkol video scribe. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, instrumen, dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), menghasilkan produk yaitu sparkol video scibe dengan rata – rata kelayakan yang didapatkan oleh ahli media sebesar 52 dengan kategori sangat layak, , selanjutnya oleh ahli materi rata-rata yang didapatkan sebesar 42, dengan kategori sangat layak, kemudian respon peserta didik terhadap media pembelajaran sparkol video scribe sebesar 42.67 dengan kategori akseptansi sangat tinggi.
Kata kunci: Media pembelajaran, Sparkol video scribe, Kelayakakan media, respon siswa, mitigasi bencana
Full Text:
PDFReferences
Air, Jon & dkk.(2014) Video Scribing Howw Whiteboard Animation Will Get You Heart. Bristol, UK: Sparkol Books.
Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238
Arsyad Azhar. M.A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ashar & Rayandra (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran Jakarta : Referensi Jakarta.
Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Alviana, Puput & Miftahuddin. M.A. (2016) Analisa Sensitivitas Respon Konsumen dari Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) pada Sabun Mandi Cair Merek Citra. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 16(2):271-282.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Development of Picture Media Based on Local Potency for Learning Materials Biodiversity in AULADUNA. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14-28.
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Nugraha, A.D., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education. 2(1):27-34
Oktavianingrum. Dilla, 2016 “Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Dalam Pembelajaran Mengelola Rapat Pertemuan Di LPP IPMI Kusuma Bangsa Surakarta”. Jurnal Perpustakaan.uns. (2016)
Okyranida, I. Y., & Astuti, I. A. D. (2020). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis videoscribe bagi guru MGMP fisika kabupaten Lebak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.
Rahmah, D. A., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies.
Riyana C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Wacana Prima.
Sadiman Arief. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.
Shindu P. Yasinto, (2013). Geografi kelas XI: Jakarta: Erlangga.
Sriadhi. (2019).Instrumen Penilaian Multimedia. Medan: Digilib UNIMED.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wijayanti, Alvitri., dkk. 2015. Respon Petani Terhadap Inovasi Budidaya dan Pemanfaatan Sorgum di Kecamatan Srandakankabupaten Bantul. Jurnal Agro Ekonomi, Vol 26 (2). Hlm. 182
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa Pgpaud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i2.32720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.