Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah
Abstract
Komik sebagai media pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, termasuk SMA, dapat menarik minat siswa dan memudahkan pemahaman materi yang kompleks, seperti penginderaan jauh. Penggunaan komik digital di SMA Negeri 15 Medan, yang belum diterapkan sebelumnya, diharapkan dapat memanfaatkan sarana teknologi digital yang ada untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan media komik digital materi penginderaan jauh sebagai bahan ajar untuk kelas X di SMA Negeri 15 Medan dan mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran komik digital. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan dari bulan Januari hingga April. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X-4 dan X-9, masing-masing berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan R&D dengan model 4D, yang mencakup tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan komik digital sebagai media ajar materi penginderaan jauh di SMA Negeri 15 Medan berjalan dengan baik. Komik ini divalidasi dan dinyatakan sangat layak dengan skor akhir mencapai 4,67 dari ahli materi, 4,61 dari guru, dan 4,94 dari ahli media. Uji coba pada dua kelas menunjukkan hasil akseptasi sangat tinggi, dengan skor 4,42 dan 4,59, serta meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa melalui kombinasi gambar dan teks.
Kata kunci: gunakan huruf Garamond, 10pt, lower case; antara 4 - 8 katakunci. Kata kunci harus mereflesikan topik, subtopik, tema, desain penelitian dan konteks penelitian.
Full Text:
PDFReferences
Anafiah, S., & Rezkita, S. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Komik Gigana (Digital Mitigasi Bencana) Gempa Bumi Karya Siti Anafiah Dan Shanta Rezkita. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1), 1043–1049. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8403
Dihyah, M. (2021). Pengembangan Media Komik Strip Menggunakan Aplikasi Ibis Paint X Untuk Pembelajaran Akidah Akhlak. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.
Gadeng, A. N., Urfan, F., Himayah, S., Furqan, M. H., Desfandi, M., & Azis, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Geografi Untuk Materi Penginderaan Jauh di Sekolah Menengah Atas. Majalah Geografi Indonesia, 36(2), 126–135. https://doi.org/10.22146/mgi.64988
Hakim, A. F. (2017). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka Alfian Furqon Hakim. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(1), 204–212. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/10517/10209
Hanim, F., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Teknik Informatika, 1(4), 752–757.
Husein, W. M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal PETISI, 3(1), 20–28.
Husen, W. R., Apriani, A., & Nugraha, F. (2020). Tahap Perencanaan Media Pembelajaran Komik Strip Abah Umis Pada Materi Kausa Materialis Pancasila. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 698–704. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.975
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPEN : Konfrensi Pendidikan Nasional , 2(1), 28–31.
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., Zahara, G., Sultan, U., & Abstract, A. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli, 9(14), 710–716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852
Lidya, S. M., & Supatmo, S. (2023). Development of Interactive Comic as Education Media About Household Hygiene for Elementary School Student. Arty: Jurnal Seni Rupa, 12(1), 57–65. https://doi.org/10.15294/arty.v12i01.75669
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Mulia, Y. A., & Kristin, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Journal on Teacher Education, 4(4), 293–302.
Ningsih, S. F. K., & Ardiansyah, A. (2020). Pengembangan Media Komik Saku Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas V Sd Negeri Pa-Gojengan 03 Kabupaten Brebes. Jurnal Dialektika PGSD, 10(1), 487–495.
Nurhakim, S. S., Latip, A., & Purnamasari, S. (2024). Peran Media Pembelajaran Komik Edukasi dalam Pembelajaran IPA: A Narrative Literature Review. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 417–429.
Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan Media-Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA (The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in Senior High School). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 65–72.
Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share : Social Work Journal, 11(1), 74–80. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642
Prasetyo, D., Danurahman, J., & Hermawan, H. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mewujudkan Warga Negara Baik Dan Cerdas. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 8(1), 15–23. https://doi.org/10.15294/harmony.v8i1.52768
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Rachminingsih, I., & Hanif, W. (2020). Komik sebagai Media Pembelajaran Konsep English Tenses dan Aspect. Jurnal Panggung, 30(1), 104–123. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i1.1135
Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Mipa Sma Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 179–186.
Safirah, A. D., & Suhartiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6689–6705. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11875
Santoso, B. (2020). Pengembangan Geomik (Geografi Dalam Komik) Sebagai Media Pembelajaran Geografi Pada Materi Lingkungan Hidup. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 1(2), 33–39. https://doi.org/10.37251/jske.v1i2.339
Sriadhi, S., Restu, R., Sitompul, H., & Manurung, J. (2019). Development of web-virtual laboratory to improve the effectiveness and efficiency of remedial learning. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077059
Urip, I. N., Renol, R., & Tarupay, H. K. (2023). Pemanfaatan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i2.1110
Widarto, M. N., Soelistijo, D., & Insani, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran komik digital Geografi pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(12), 1214–1223. https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1214-1223
Wulandari, D., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Bojonegoro. Journal on Education, 06(01), 8854–8865.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i2.32719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.