Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam

Suci Hapizah, Alfiah Alfiah, Muslim Akmel, Fitra Delita, Risma Dwi Arisona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran relating experiencing applying cooperating transferring terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kampar. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kampar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol, dalam penelitian ini sampel ditentukan berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran Geografi dan berdasarkan observasi awal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 70,87 menjadi 84,21 pada nilai postest. Maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran relating experiencing applying cooperating transferring terhadap hasil belajar siswa XI IPS di SMA Negeri 1 Kampar sebesar 18,8%.


Keywords


Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, REACT, Sumber Daya Alam

Full Text:

PDF

References


Avinda Diana Safitri, dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Negeri 1 Prafi Kelas X, Arfak Chem: Chemistry Education Journal, , 2018, hlm. 34.

Welly Mentari, Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa, Artikel Universitas Lampung, 2015.

Bayu Angga Dwi Cahyono, dkk, 2017, Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating,Transfering) disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap KeterampilanProses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA (REACT Learning Model (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating,Transfering) to media of physics phenomenon on Process Skills of Science and Student Achievement in Physics Learning at SMA, Jurnal Edukasi, Vol. 4, No.3, Hal. 21.

Siva Nur Ismaya, Subiki, Alex Harijanto,2015, Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring (React) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma.Vol. 4 No.2. Hal 123.

Indra Kususmawardani, Agus Purnomo, Siti Malikhah Towaf, Efektifitas Model REACT Dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Pembelajaran Ips Materi Mobilitas Sosial. Social Science Education Journal, 6 (1), 2019. Hal.12-13




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.32247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.