Tinjauan Literatur Sistematis: Desain Pembelajaran Geografi di Era Digital
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Burhanuddin. (2022). Pengaruh Media Google Earth Sebagai Sumber Informasi Dalam Penulisan Puisi Objek Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 23(1), 43–52. https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2615.2022
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2), 124–133. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Astuti, I., Darini, & Afandi. (2023). Video Pembelajaran Geografi SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.55275
Dahlia, D., Rianto, S., & Yuherman, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Padang Sago. Jambura Geo Education Journal, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16098
Danardono, D., Priyono, P., Wulandari, K. C., & Novianto, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Pembelajaran Geografi Spasial di Tingkat Pendidikan Menengah Atas. Abdi Geomedisains, 80–88. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v2i2.368
Dewi, A. F., & Nofrion. (2023). Perancangan Buku Saku Digital Potensi Sumber Daya Alam Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Geografi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23728–23736. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10353
Halifah, S. N., & Suasti, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Pembelajaran Geografi Pada Materi Konsep Dasar Ilmu Geografi Menggunakan Aplikasi Canva dan Flipbook. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23007–23013. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10242
Hidayat, N. R. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Terhadap Aktivitas Siswa. SOSPENDIS, 2(2), 55–63.
Husain, S., Eraku, S. S., & Koem, S. (2024). Pengembangan Modul Digital Berbasis Story MAP Pada Pokok Bahasan Flora dan Fauna. Jurnal Swarnabhumi, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i1.9631
Lidiawati, B., Nurwahidin, M., & Widodo, S. (2022). Geography science strategy to increase students’ interest in learning with the help of digital-based learning media. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(10), 683–690. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i10.426
Mahar, R. T. (2023). Desain Model ASSURE Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/geodika.v7i1.6158
Manakane, S. E., & Rakuasa, H. (2023). The Role of Digital Learning Media in Improving the Quality of Geography Learning: A Review. Journal Education Innovation, 1(1), 69–76.
Matjais, N. F., & Ismail, K. (2023). Potensi dan Cabaran Implimentasi Teknologi Sistem Maklumat Geografi (GIS) di Peringkat Pra-Universiti di Malaysia. Geografi, 11(2), 67–80. https://doi.org/10.37134/geografi.vol11.2.4.2023
Nisfu Melati Sukma, W., Reynata, A., Auzini Yasmine, D., & Maulana Putra Pratama, D. (2023). Systematic Literature Review (Slr): Keamanan Dalam Sistem Informasi. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1738–1754. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.395
Nuriyanto, M. Z., Astutik, S., & Nurdin, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 144–155. https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33208
Pratama, A., Fazera, D., Fortunata, L. A., & Fadilah, R. (2024). Analisis Kebutuhan dan Perencanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Teknologi Iinformasi di Era Digital Pada Kurikulum Merdeka. Arsen: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2974
Putri, D. A., Irianto, D. M., & Furnamasari, Y. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Aplikasi pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11381–11391. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14091
Putri, P. H., & Sriyanto, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Google Earth Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 52 Jakarta. Edu Geography, 10(2), 15–34. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i2.60521
Ridwana, R., Nafisyah, V. A., Yani, A., Setiawan, I., Waluya, B., Mulyadi, A., & Rosyana, M. (2022). Pengembangan media digital untuk meningkatkan minat siswa dan kualitas pembelajaran Geografi di sekolah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 268–286. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5501
Sari, D. N., Wibowo, A. A., Anggani, N. L., & Kiat, U. E. I. (2022). Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Siswa SMA Inklusi. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 362–371. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1569
Sejati, S. P. (2021). Teknologi Geospasial Sebagai Media Pembelajaran Geografi di Lingkungan Sekolah Tingkat Menengah. Geomedia Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 19(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/gm.v19i1.37713
Seviana, R., Rosyida, F., & Atmoko, R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 198–208. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122
Suarsini, N., Wesnawa, I., & Kertih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 72–81. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386
Winda Widyaningrum, & Sondari, E. (2021). Penerapan Literasi Digital Untuk Membuat Desain Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. De_Jounal (Dharmas Education Journal), 2(2), 321–328. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.512
Wiranti, F. D., Pravikandari, D., & Kusuma Dewi. (2023). Adopsi Media Sosial: Problem-Based Learning Berbantuan Instagram dan Whatsapp Group dalam Pembelajaran Geografi. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8(1), 20–30. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7566
Yulianto, D., & Widyatmoko, W. (2023). Tingkat Keberlanjutan Penggunaan Sumber Belajar Digital Oleh Guru Geografi Pada Materi SIG. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 29(2), 119. https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.50045
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i2.31434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.