Pengaruh Penggunaan Web-Gis (Web Based Geographic Information System)Terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Web-Gis (Web Based Geographic Information System) terhadap kecerdasan spasial siswa pada mata pelajaran geografi. metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Web-Gis berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan spasial siswa. pada hasil pretest kecerdasan spasial siswa adalah 62,35. Sedangkan hasil postest yang dilakukan setelah diberikan perlakuan menggunakan Web-Gis diperoleh nilai 98,18. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji N-Gain penggunaan Web-GIS dapat meningkatkan Kecerdasan Spasial Siswa sebesar 95,1 % dari sebelum diberikan perlakuan sampai setelah diberikan perlakuan, hal ini terlihat dari skor rata-rata nilai N – Gain yaitu sebesar 0,951 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinah, L., Komalasari, K., & Logayah, D. S. (2023). The Effect of ArcGIS Story Maps Media on Students’Understanding in Social Studies Learning. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1).
Aliman, M., Mutia, T., & Yustesia, A. (2018). Integritas kebangsaan dalam tes berpikir spasial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2018, 82– 89.
Fargher, M. (2018). WebGIS for geography education: Towards a GeoCapabilities approach. ISPRS International Journal of Geo-Information, 7(3). https://doi.org/10.3390/ijgi7030111
Hamsir. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Turatea Kabupten Jeneponto. Jurnal PENA, 4(1), 732–741.
Korucu, M. G. (2012). GIS and Types of GIS Education Programs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 209–215. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.095
Rizky Oktavian. (2015). Pengaruh Pembelajaran Sistem Informasi Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta, 147, 480–482.
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial dalam Pembelajaran Abad Ke -21. Jurnal Samudra Geografi, 03(02), 42–50.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v3i2.28728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.