Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi dalam Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Keruangan Peserta Didik di SMA Negeri 8 Tasikmalaya

Mardyalita Mandasari, Raisya Rifatun Nabila, Zailla Nurul Jannah, Ruli As'ari

Abstract


Peranan lingkungan seperti lingkungan sosial, keluarga, dan teman merupakan peranan yang sangat penting bagi peserta didik. Lingkungan mempunyai pengaruh besar terhadap proses pembelajaran geografi peserta didik. Pembelajaran geografi dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman serta diharapkan dapat menumbuhkan sikap dan perilaku keruangan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran lingkungan sosial sebagai  pembentukan sikap dan perilaku  keruangan peserta didik SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan dilaksanakan di SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peran lingkungan sekolah sebagai wadah pendidikan mampu membuat siswa memiliki sikap dan perilaku keruangan karena tersedianya buku sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator serta teman sebaya sebagai tutor pembelajaran. Sementara itu, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat kurang mendukung peserta didik untuk membentuk sikap dan perilaku keruangan karena tidak adanya edukasi, pengawasan dan sosialisasi yang dilakukan kepada peserta didik.


Keywords


peserta didik; lingkungan; sikap perilaku keruangan

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hiaju. Pedagogia, 98-108.

Andrasmoro, D., Nurhakim , I., Mustofa, & Galuh, B. (n.d.). Kualitas Pembelajaran Etika Lingkungan Bagi Siswa Sekolah SMA Negeri 3 Sungai Kakap. PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 20-25.

Gampu , G., Pinontoan , M., & Sumilat , J. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan , 5124-5130.

Hutri, Y. (2020). Meningkatkan Pendidikan Karakter dan Pemahaman Konsep Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatof Tipe STAD Berbantuan Google Form. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 171-179.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif . Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Reseach, 19-25.

Muslim, Almegi, Alfiah , Akmal, & Amelia, H. (2021). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAS AL- Islam Petala Bumi . El-Jughrafiyah, 53-61.

Mustika , F., & Sahudra, T. (2018). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Samudra Langsa. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 235-244.

Nurlaela, A. (2014). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi dalam Menumbuhkan sikap Perilaku Keruangan Peserta Didik. Gea Jurnal Pendidikan Geografi, 40-48.

Tamara, R. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. GEA Jurnal Pendidikan Geografi , 44-55.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran . Satya Widya, 29-39.

Widiastuti, N., Wesnawa, I., & Treman , I. (2015). Kajian Perilaku Keruangan Wisatawan Pada Desa Wisata Di Desa Baru . Jurnal Pendidikan Geografi UNDIKSA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.26401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.