Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI Di SMAN 3 Tangerang

Shadrina Aulia Rahma, Muzani _, Samadi _

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Diperoleh nilai t-hitung 7,299 sedangkan t-tabel 1,670 hal ini berarti t-hitung > t-tabel, maka Ha menyatakan terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang diterima dan Ho yang menyatakan tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang ditolak.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.23640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.