Eksistensi Tenun Pandai Sikek di Sumatera Barat
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Eksistensi kerajinan tenun pandai sikek, 2) Kain tenun pandai sikek sebagai peninggalan budaya, 3) Proses pewarisan budaya tenun Pandai Sikek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara (interview) dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan melalui reduksi data, interpretasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kerajinan kain tenun Pandai Sikek merupakan budaya dari suku Minangkabau yang harus dilestarikan dan dijaga keasliannyai. 2) Tenun songket di Sumatera umumnya diasosiasikan sebagai salah satu peninggalan budaya dari periode kejayaan Sriwijaya, 3) Keberlangsungan dari kerajinan tenun songket Pandai Sikek ini terwujud dikarenakan adanya proses pewarisan yang terus berlangsung. Pewarisan tersebut dilakukan hanya dalam satu garis keturunan. Ruang lingkup pewarisan tidak boleh keluar dari garis keturunan yang lebih dikenal dengan sebutan saparuik.
Kata kunci : kain tenun, songket, budaya Minangkabau, Pandai SikekKeywords
Full Text:
PDFReferences
Christyawaty, Eny (Juni 2011). "Kontinuitas Pola Pewarisan Seni Menenun Songket di Nagari Pandai Sikek, Tanah Datar". Patanjala. 3 (2): 210–226, hlm 221
Devi silvia, 2015. Jurnal Sejarah Dan Nilai Songket Pandai Sikek,Jurnal Mamangan Vol. 01 No 02 Tahun 2015 STKIP PGRI Sumbar Diakses Pada 21 Desember 2022
Izzati, F., & Dahlia, P. (2021). Kain Tenun Songket Dan Fungsi Budayanya Bagi Masyarakat Di Nagari Pandai Sikek. Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design, 1(1), 1. https://doi.org/10.53666/artchive.v1i1.1557
Kottler, Philip dan Kevi Lane Keller. 2006. Marketing manajemen. New Jersey : Pearson Pretice Hall.
Marah,risman. 1992. Ragam hias tradisional minangkabau. Jakarta: yayasan bhakti wawasan nusantara. Diakses Pada 21 Desember 2022
Moleong,lexy j. 1996.penelitian kualitatif, bandung: remaja rosdakarya. Diakses Pada 21 Desember 2022
Sunarsasi, & Hartono, N. R. H. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah diKabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). Jurnal Translitera, 9(1), 22–31.
Thalya, T. T., Mananeke, L., HRogi, M., & Ekonomi Dan Bisnis Jurusan, F. (2022).
Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era-covid.
Undang-undang Dasar 1945 Pasal 32 Ayat 1
Sutriyono, A., & Dwiningrum, S. I. (2018). Cultural Landscape: The Conservation of Traditional Handwoven Fabrics in Yogyakarta, Indonesia. Asian Journal of Environment-Behaviour Studies, 3(9), 29-39.
Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia, 2003, Jaringan Pelestarian Pusaka Indonesia.
Pemasaran, P. (2014). 8 2.2 Jasa 2.2.1 Pengertian Jasa. 7–18.
Pranata, H., & Pascasarjana, P. (2023). BERBASIS BUDAYA LOKAL ( Studi Kasus Kerajinan Tenun Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar ).
Putri, W., & Desriyeni, D. (2019). Kemas Ulang Informasi Songket Pandai Sikek Minangkabau. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 469. https://doi.org/10.24036/1074490934
Taqiyya, R. &, & Riyanto, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Media sosial Facebook Dan WhatsApp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11),951–952., 2(10), 5–24.
Yandri, 2006. Tenun songket pandai sikek dalam pakaian pengantin adat minangkabau.tesis yogyakarta ;ISI yogyakarta diakses pada 22 desember 2022
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v3i1.21264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.