Kajian Spasial Rute Transportasi Angkutan Kota dan Mobilitas Penduduk Menuju Pusat-Pusat Pelayanan di Kota Padang
Abstract
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data serta membahas rute angkutan kota, pola mobilitas penduduk menuju pusat pelayanan dan potensi pergerakan penduduk di kota Padang berdasarkan populasi dari sampel. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Karena mengkaji rute angkutan kota dan bagaiamana pergerakan masyarakat dikota padang menuju pusat-pusat pelayanan serta potensi pergerkan penduduk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rute angkot di kota Padang. Sampel penelitian ini dua rute yaitu angkot kode trayek 201 dan kode trayek 419 dengan lintasan terpanjang dan banyaknya wilayah kecamatan yang dilewati angkot. Teknik analisis data menggunakan system informasi geografis (SIG) dan rumus Newton interaksi keruangan. Hasil akhir penelitian ini yaitu : 1). Rute angkutan perkotaan di kota Padang terdapat 87 rute/trayek berbagai warna dengan jumlah kendaraan 2.604 unit. 2). Mobilitas penduduk menuju pusat pelayanan di kota Padang dengan angkot terbagi atas tiga tahap dimana tahap 1 mayoritas penumpang pelajar, tahap 2 mayoritas penumpang masyarakat umum bukan pelajar pada tahap 3 penumpang mayoritas masyarakat umum dengan tujuan ke pusat pelayanan perekonomian serta mobilitas penduduk bersifat commuter dengan pola pergerakan menyebar dan kembali dalam waktu satu hari. 3). Penduduk yang memiliki potensi pergerakan lebih besar yaitu wilayah kecamatan yang lewati angkot dengan kode trayek 419 dibandingkan dengan potensi penduduk pada wilayah yang dilewati angkot dengan kode trayek 201.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.19500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.