Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengembangan, kelayakan serta praktikalitas media pembelajaran berbasis canva pada mata pembelajaran geografi di kelas X IPS SMAN 2 Dayun, Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan 4D (Four-D Models) meliputi 4 tahap yaitu : Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (penyebaran). Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis canva dilakukan pengujian media oleh para ahli yaitu terdiri dari para ahli pendidikan, ahli media, ahli bahasa, ahli IT, kemudian dilakukan penyebaran angket ke para ahli maka dilakukan mengolah data menggunakan aplikasi SPSS untuk mendapatkan Interaclass Coefitien Corelation (ICC). Dari pengolahan data maka dapat hasil ICC lebih dari 0,50 maka dapat di simpulkan tingkat validasi adalah memadai; (2) Pengembangan media pembelajaran berbasis canva dapat dinyatakan sangat layak setelah melakukan pengolahan data, kelayakan dapat diukur menggunakan angket, angket diperoleh dari angket respon guru dengan responden 2 orang guru geografi dapat diperoleh hasil total skor 357 dengan mean 4,58 dan tingkat persentase 92% dengan predikat “sangat baik”; (3) Pengembangan media pembelajaran berbasis canva dapat dinyatakan sangat praktis setelah melakukan pengolahan data dari hasil penelitian diperoleh data menggunakan angket respon siswa diolah data menggunakan Microsoft Exel sehingga dari pengolahan data diperoleh sebesar 2829 dan didapat mean sebesar 4,57 dan persentase sebesar 91% dengan kategori “sangat praktis”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, N. I., & Deden, D. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6. Kompetensi, 15(1), 49–58. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.62
Amini, S. K., & Pujiharti, Y. (2021). Pengembangan Canva sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMP Pondok Pesantren Tholabie Malang. 3(2), 204–217. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/ecoducation
Anam, K. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pai di smp bani muqiman bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–17. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=641778&val=11050&title=Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan
Arifin, M. K. (2019). ANALISA KELAYAKAN PENGEMBANGAN TRAINER KIT CUT VIEW TURBOCHARGER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. 11(2), 47–55.
Armana, Riantoa, S., & Yuherman. (2021). Perbandingan aktivitas belajar geografi antara siswa kelas xi kelompok peminatan dengan lintas minat di sma negeri 1 tigo nagari. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.11735
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis. 01(1), 63–70. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2476
Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. 9(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
Hayati, N., AHMAD, M. Y., & FEBRI HARIANTO. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. 14(2). https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil-a Perairan. 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan RnD. Alfabeta.
Sukardiyono, I. E. & T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. In elinvo: Vol. Vol.2 No.
Syarifudin, A. S. (2020). implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03(1), 171–187. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf
Tri, D., & Yanto, P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v3i1.19331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.