Analisis Quality Control Koreksi Blending BBM Jenis Premium dan Pertalite

Silvia Silvia, Gudi Yenti Br. Munthe, Dewi Diniaty

Abstract


Studi Kasus ini dilakukan pada a perusahaan pengolahan minyak bumi dan gas. Perusahaan ini  memproduksi Bahan Bakar Minyak jenis premium dan pertalite. Blending Bahan Bakar Minyak jenis premium dan pertalite adalah proses pencampuran light naphta terhadap produk jadi yang telah selesai diproduksi. Blending  bertujuan untuk mendapatkan nilai oktan yang optimal sehingga didapatkan nilai oktan yang sesuai dengan mesin kendaraan. jenis premium mendominasi nilai oktan saat awal produksi sebesar 88.8 .sehingga, ini perlu dilakukan koreksi agar oktan tersebut berubah menjadi 88.0 agar mesin dapat melakukan pembakaran. kemudian, pertalite memiliki nilai oktan 90.4 pada saat awal produksi dan perlu dilakukan blending agar nilai oktannya menjadi 90.0. penelitian ini melakukan analisis quality control untuk koreksi blending produk antara lain dari segi: faktor operator atau manusia, peralatan atau mesin, material, metode dan lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Annisa, M.R., & Setiawan. W. (2018) Menganalisis Defect Sanding Mark Unit Pick Up Tmc Dengan Metode Seven Tools Pt. Adm. Jurnal Integrasi Sistem Industri.

Latif, A. (2015). Dampak Fluktuasi Harga Bahan Bakar Minyak Terhadap Suplai Sembilan Bahan Pokok di Pasar Tradisional”. Jurnal Al- Buhuts Vol. 11 No. 1.

Ma’arif, S. (2014). Kebijakan Perminyakan Nasional : Dari Kendali Negara Menuju Kapitalisme Pasar. Jurnal Administrasi Negara.

Remus, S., Panggabean, & P, Siregar, S. (2018). Analisis Pengaruh Perubahan Harga Bahan Bakar Minyak Premium dan Solar Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi.

Devani, V. & Wahyuni, F. (2015). Pengendalian Kualitas Kertas Dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3. Jurnal Ilmiah Teknik Industri.

Anggraini, W., Kusumanto, I., Sutaryono (2019). Usulan Peningkatan Kualitas Kain Batik Semi Tulis menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, Vol 5. No. 1, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i1.9964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Silvia Silvia, Gudi Yenti Br. Munthe, Dewi Diniaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.