Usulan Rancangan Perbaikan Nilai Insentif Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Menurunkan Turnover Karyawan Di PT. Bersama Makmur Raharja Pekanbaru

Tengku Nurainun ST., MT

Abstract


ABSTRAK

 

                                Karyawan merupakan aspek penting dalam sebuah perusahaan yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan. Sama halnya dengan konsumen, kepuasan karyawan juga harus dijaga oleh perusahaan demi tercapainya tujuan yang diinginkan. PT. Bersama Makmur Raharja Pekanbaru merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perkreditan sepeda motor bekas dan refinancing.      Penelitian ini membahas tentang rancangan pengelolaan insentif yang diberikan kepada karyawan dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya turnover di PT. Bersama Makmur Raharja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  adanya hubungan yang signifikan antara variabel kepuasan kerja terhadap turnover karyawan dengan nilai signifikan uji F dan t  0,000. Sedangkan variabel independen yang paling dominan adalah variabel pay, karena memiliki nilai beta yang paling besar yaitu 0,962.    Pemberian insentif menggunakan metode piece work dan metode  production bonus. Untuk sales counter refinancing akan mendapatkan insentif tambahan jika penjualan minimal 25 unit/bulan terpenuhi, dimana jumlah penjualan yang lebih akan mendapatkan Rp. 200.000/unit dengan batasan perhitungan maksimal 5 unit. Sedangkan untuk sales finance refinancing akan mendapatkan insentif tambahan jika penjualan minimal perbulannya juga terpenuhi yaitu sebanyak 15 unit, dengan ketentuan setiap kelebihan penjualan  akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp. 150.000, dengan batasan perhitungan maksimal 5 unit. karyawan sales counter dan sales refinancing akan mendapatkan uang tunjangan sebesar Rp. 250.000/bulan.

 

Kata Kunci: Insentif, Kepuasan Kerja Sistem Merit, dan Turnover.


Full Text:

PDF

References


As’ad, Mohammad, “ Psikologi Industri “. Edisi Keempat. Cetakan Ketujuh.. Liberty. Yogyakarta. 2002.

Barianto, Yahyo. “ Analisis Labour Turn Over Pada PT. Menara Dana Sejahtera, Riau”. Skripsi. Universitas Riau. 2005.

Fulbertus, Margarita & D.W, Kusuma Fenny. “ Analisis Pengaruh Persepsi Pemberdayaan Karyawan Terhadap Employee Turnover Intention di Hotel X, Kupang, Nusa Tenggara Timur”. Skripsi. Universitas Kristen Petra. Surabaya. 2009. Tanggal akses 15 januari 2011.

Handoko, Hani, “ Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia “. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta. 2001.

Koster, Wayan & Boediono, DR.”Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas”. PT. Remaja Rosdakarya Bandung. 2001.

Kurniasari, Luvy. “ Pengaruh Komitmen Organisasi dan Job Insecurity Karyawan Terhadap Intensi Turnover “. Tesis. Universitas Airlangga. Surabaya. 2004

Marwansyah. “ Manajemen Sumber Daya Manusia” . Edisi Kedua. Alfabeta. Bandung. 2010.

Nanggoy, Sylvia & Harianty Rita. “Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Turnover Intentions di PT Andalan Pacific Samudera di Surabaya“. Skripsi. Universitas Kristen Petra. Surabaya. 2009. Tanggal akses 15 januari 2011.

Riduwan dan Sunarto, “ Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis “Cetakan Ketiga. Alfabeta, Bandung. 2010.

Simamora, Henry. “ Manajemen Sumber Daya Manusia “. Edisi ketiga. STIE YKPN, Yogyakarta. 2004.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”. Alfabeta, Bandung. 2009.

Sujatmoko, Koko,”Pengaruh Insentif Terhadap Peningkatan Prestasi kerja Kayawan Pada Departemen Operasional Pemasaran di Dunkin’ Donuts Cabang Arteri Jakarta” Universitas Sumatera Utara. Medan. 2007. Tanggal akses 19 Oktober 2011.

Supranto, M.A. “ Statistik Teori Dan Aplikasi “. Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta. 2008.

Titin, Maylani, Dkk.” Analisis Sistem Insentif Pada Balai Pengembangan Benih Ikan Laut, Air Payau dan Udang(BPBILAPU) di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat”. Bulletin Ekonomi Perikanan, Vol VI No.2 2006. Tanggal akses 19 Oktober 2011.

Umar, Husein. “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”. Edisi kedua. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta. 2008.

Wulansari, Yohana & Sunardi, Sherly. “Analisa Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Turnover Intention di PT. Sentra Media Komunika Surabaya “. Skripsi. Universitas Kristen Petra. Surabaya. 2008. Tanggal akses 11 januari 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v1i1.9180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tengku Nurainun ST., MT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.