Perancangan Eksperimen untuk Meningkatkan Kualitas Produk Kerupuk Palembang dengan Mengunakan Metode Taguchi (Studi Kasus: UKM Dua saudara)
Abstract
Tidak semua produk yang ditawarkan pada konsumen akan mampu bersaing dalam mendapatkan pasar. Tingginya tingkat persaingan dipasar ditentukan oleh spesifikasi dari produk yang ditawarkan tersebut. Hanya produk yang sesuai dengan spesefiasi dan ekspektasi dari konsumen yang akan mampu bertahan, sehingga tidak ada cara lain dari perusahan untuk meningkatkan kualitas produknya. PT Dua Saudara salah satunya. Sebagai salah satu perusahan yang bergerak dalam pembuatan kerupuk tentu saja PT Dua saudara harus berbenah dengan meningkatkan kualitas dari produk kerupuk yang dibuat, Saat ini yang menjadi masalah yang cukup berpengaruh adalah perbedaan cita rasa dan kemampuan mengembang dari kerupuk tersebut(kerupuk palembang)
Yang menjadi penyebab kurangnya cita rasa dan kemampuan mengembang dari kerupuk tersebut adalah karena adanya perbedaan komposisi garam, penyedap rasa, vetsin, ketumbar,lamanya pengukusan,bawang putih dan suhu minyak pada pengorengan kedua. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbeikan dengan disain eksperimen dengan mengunakan metode taguchi. Karakteristik yang digunakan adalah signal to noise ratio (SNR) mengunakan SN Large the better, karena semakin besar nilai yang didapat maka akan semakin baik. Sehinga dapat ditentukan kombinasi optimumFaktor dan level yang berpengaruh terhadap citarasa dan kemempuan mengembang dari produk kerupuk palembang Dua saudara adalah:Suhu minyak pada pengorengan kedua adalah 170 0,Jumlah garam sebanyak 72 Gram,Jumlah Penyedap rasa sebanyak 24.5 gram,Jumlah Vetsin sebanyak 5.5 Gram, jumlah Ketumbar Sebanyak 6 Gram, Jumlah bawang Putih sebanyak6 Gram dan lamanya pengukusan adalah 19 menit. Sehingga setelah dilakukannya eksperimen jumalah konsumen yang menyukai kerupuk palembang naik sebesar 67% dari sebelumnya 37%
Kata Kunci: Metode taguchi, Ortogonal Array,Robust Design.
Full Text:
PDFReferences
Dergibson, S, Sugiarto, 2000. Metode Statistika untuk bisnis dan ekonomi, PT Gramdia Pustaka Umum.
Supranto, J. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar”. PT. Rineka Cipta. 2006.
Subiyakto, Haryono, 1995, Statistika (inferen) untuk bisnis, Bagian penerbitan sekolah tinggi ilmu ekonomi YKPN.
Simomora, Bilson. ”Panduan Riset Perilaku Konsumen”. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2003.
Kusumo G,H,dan Feriyanto S,G “Perbaikan Mutu Pada Proses dan Produksi Spin-Pile Dengan Mengunakan Metode Tagucgi”. Online (Available) http://www.petra.ac.id. 2000.
Julianingsih, dan Febrina P. ”Penentuan Kondisi Pengolahan dan Penyajian Bumbu Rawon Instant Dengan Mengunakan Metode Taguchi”. Online (Available). http://puslit.petra.ac.id. 2003.
Ishak, aulia. ”Rekaysa Kualitas”. Online (Available) http://www.library.usu.ac.id. 2002.
Wahyudi D, dan Yohan Pramono . ”Optimasi Program Injeksi Dengan metode Taguchi”. Online (Available). http://puslit.petra.ac.id. 2001.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v1i1.9167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dr. Petir Papilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Industri
P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235
Published by:
Industrial Engineering Department
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Office Address:
H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
email: jti.fst@uin-suska.ac.id
Indexed by:
JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.