Analisis Pengendalian Mutu (Quality Control) CPO (Crude Palm Oil) Pada PT. XYZ

Dewi Diniaty, Muhammad Ihsan Hamdy

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang agroindustri kelapa sawit yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian mutu CPO (Crude Palm Oil) pada PT. XYZ. Analisis dilakukan dengan cara mengolah data kadar asam lemak bebas, kadar air, dan kadar kotoran dengan menggunakan alat analisis pengendalian mutu diagram histogram, grafik kendali, dan diagram sebab akibat. Hasil analisis dibandingkan dengan standar pengendalian mutu yang ditetapkan BSN melalui SNI 01-2901-2006. Berdasarkan analisis diagram histogram untuk kadar asam lemak bebas, kadar air, dan kadar kotoran tidak terdapat data yang berada di luar batas. Berdasarkan hasil analisis grafik kendali pengendalian mutu CPO (Crude Palm Oil), jumlah sampel untuk kadar asam lemak bebas, kadar air dan kadar kotoran menurut peta kontrol Xbar dan R tidak terdapat data yang berada diluar batas kendali, setelah melakukan revisi terhadap peta kendali Xbar dan R. Berdasarkan hasil analisis diagram sebab akibat yaitu dilakukan observasi lapangan dan wawancara terhadap lima faktor yang mempengaruhi pengendalian mutu CPO (Crude Palm Oil). Faktor itu sendiri meliputi bahan baku, manusia dan metode kerja.

 

Kata Kunci:  Analisis Pengendalian Mutu, Diagram Sebab Akibat, Peta Kendali X dan R.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A., Aplikasi Peta Kendali Statistik dalam Mengontrol Hasil Produksi Suatu Perusahaan. Jurnal SAINTIFIK, 1(1), 2015, pp.5-13.

Amrina, E., dan Nofriani, F., Analisis Ketidaksesuaian Produk Air Minum dalam Kemasan di PT. Amanah Insanillahia. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(1), 2015, pp.85-101.

Badan Standarisasi Nasional., SNI Crude Palm Oil, Jakarta. 2006.

Besterfield, D. H., Quality Control Fourt Edition. 4th Edition Englewood Cliffs Prentice-Hall International Inc. 1994.

D, M. F. W., Analisis Pengendalan Mutu (Quality Control) CPO (Crude Palm Oil) pada PT. Buana Wira Subur Sakti Kabupaten Paser. Ejournal Ilmu Administrasi, 2(2), 2014, pp.245-259.

Elmas, M. S. H., Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) untuk Meminimumkan Produk Gagal pada Toko Roti Barokah Bakery. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 7(1), 2017, pp.15-22.

Sirine, H., dan Elisabeth, P. K., Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT. Diras Concept Sukoharjo). AJIE Asian Journal of Innovationand Entrepreneurship, 2(3), 2017, pp.254-290.

Suadi, A., et al., Analisa Pengolahan Kelapa Sawit dengan Kapasitas Olah 30 Ton/Jam di PT. Bio Nusantara Teknologi. Jurnal Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, 2(17), 2016, pp.12-19.

Supriyadi, E., Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Statistical Proces Control (SPC) di PT. Surya Toto Indonesia, Tbk. JITMI, 1(1), 2018, pp.63-73.

Setiawan, L., dan Ida, M. A., Analisis Pengendalian Proses Produksi dengan Metode Statistical Quality Control pada PT. Estwind Mandiri Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akutansi, 2018, pp.16-28.

Wignjosoebroto, S., Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Guna Widya, Jakarta. 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v5i2.8316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Diniaty, Muhammad Ihsan Hamdy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.