Evaluasi Perencanaan dan Pengendalian Proyek Pembangunan Air Bersih dengan Menggunakan Metode Lean Project Management

Harpito Jasri

Abstract


Keterlambatan suatu proyek dapat terjadi akibat ketidakproduktifan  setiap elemen – elemen yang terlibat didalamnya sehingga pada akhirnya akan terjadi pemborosan (waste). Untuk  mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perbaikan perencanaan dengan menggunakan metode Lean Project Management yang didalamnya dapat diidentifikasi waste, resiko, serta penjadwalan proyek dengan metode Critial Chain Project Management. Berdasarkan hasil identifikasi dalam pembangunan penyediaan air bersih di Kota Pekanbaru didapatkan waste yang berpotensi muncul adalah waiting, defects dan uneeded processing. Faktor kemungkinan resiko yang muncul pada saat pelaksanaan proyek adalah faktor cuaca buruk, adanya kerusakan pada alat kerja (komponen genset), keterlambatan datangnya raw material pipa, K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Pencurian, kelalaian dan ketidakjujuran serta Kerusakan alat, properti ataupun fisik bangunan. Sedangkan penjadwalan dengan metode CCPM didapatkan penghematan waktu pengerjaan proyek sebesar 4 hari sehingga biaya yang dikeluarkan pihak pelaksana juga berkurang.


Full Text:

PDF

References


Artika, Dian. Penerapan Metode Lean Project Management dalam Proyek Konstruksi pada Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 2 No. 1. Palembang, Maret 2014. http://www.ejournal.unsri.ac.id. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2015.

Ervianto, Wulfram I. Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. ANDI. Yogyakarta. 2004.

Fauziah, Naily.Aplikasi Fishbone Analysis dalam MeningkatkanKualitas Produksi Teh pada PT Rumpun SariKemuning, Kabupaten Karanganyar. Tugas Akhir Fakultas PertanianUniversitas Sebelas MaretSurakarta. Surakarta, 2009. http://www.eprints.uns.ac.id. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2009.

Frederika, Ariany. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Super Villa, Peti Tenget-Badung). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14, No. 2. Juli, 2010. http://www.ojs.unud.ac.id.Diakses pada tanggal 22 November 2010.

Gasperz, Vincent. Total Quality Manajemen. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2007.

Gray, Clive. Pengantar Evaluasi Poyek, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2007.

Hanif, Yulianda Richma, Nendang Setyo Rukmi dan Susy Susanti.Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT. X dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Jurnal Teknik Industri Itenas No.03 Vol.03. Juli, 2015. http://www.jurnalonline.itenas.ac.id. Diakses pada tanggal 8 Maret 2016.

Husen, Abrar. Manajemen Proyek. Andi Offset. Yogyakarta. 2009.

Karyono, Agus. Pendekatan Lean Manufacturing Untuk Menurunkan Waste Waiting Time dan Transportasi (Studi Kasus: CV. Riau Pallet). Tugas Akhir Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Juli 2014. http://www.repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2014.

N. Narsha dan S. Nagabhushan. “Enhancing Project Management Efficiency using Lean Concepts”. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSR-JMCE) e-ISSN: 2278-1684,p-ISSN: 2320-334X, Volume 8, Issue 4. Oktober 2013. http://www.iosrjournals.org.Diakses pada tanggal 6 September 2013.

Noer, Bustanul Arifin dan Dominggo Bayu Bagaskara. Perencanaan dan Pengendalian Proyek Periklanan Menggunakan Lean Critical Chain Project Management dan S-Curve Mentoring. Jurnal Teknik Pomits Vol. 1 No. 1. 2012. http://www.digilib.its.ac.id.Diakses pada tanggal 23 Juli 2012.

Project manajemen Institute. A guide to the project management Body of knowledge (PMBOK Guide). Pensylvania. 2000.

Sahid, Dadang Syarif Sihabudin.Implementasi Critical Path Method dan PERT Analysis pada Proyek Global Technology for Local Community. Jurnal Teknologi Informasi dan Telematika Vol.5. Desember 2010. http://www.dadang.komputer.pcr.ac.id. Diakses pada tanggal 29 Desember 2016.

Sari, Erni. 2016. Analisis Resiko Proyek Pada Pekerjaan Jembatan Sidamukti – Kadu di Majalengka dengan Metode FMEA dan Decision Tree. Jurnal J-Ensitec: Vol 03 No. 01. Juli 2016. http://www.jurnal.unma.ac.id. Diakses pada tanggal 8 November 2016.

Santoso, Budi. Manajemen Proyek. Graha Ilmu. Surabaya. 2008.

Setiawan, Pricilia Febriana. Manajemen Resiko Proyek Vale Di Pt. Multipanel Intermitra Mandiri. Tugas Akhir Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2014. http://www.e-journal.uajy.ac.id.Diakses pada tanggal 20 November 2016.

Soeharto, Iman. Manajemen Proyek Industri: Persiapan, Pelaksanaan, Pengelolaan. Erlangga. 1992.

Tilaar, Wartinah T.A.M dan Ruslan M. Yunus. Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung Research CentreUniversitas Tadulako dengan Menggunakan Microsoft Project. Jurnal Infrastruktur Vol. 3 No. 1. 2013. http://www.jurnal.untad.ac.id. Diakses pada tanggal 3 Januari 2017.

Untu, Silvia Hermina Stevania, Ariestides K. T. Dundu,dan Robert J. M. Mandagi. Penerapan Metode Lean Project Management dalam Perencanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Mantos Tahap III). Jurnal Sipil Statik Vol. 2 No. 6. September, 2014. http://www.download.portalgaruda.org. Diakses pada tanggal 27 November 2014.

Wowor, Fransisko Noktavian, Walangitan dan Malingkas. 2013. “Aplikasi Microsoft Project dalam Pengendalian Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Proyek”. Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.8. 2013. https://www.ejournal.unsrat.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017.Artika, Dian. 2014. “Penerapan Metode Lean Project Management dalam Proyek Konstruksi pada Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Ogan Ilir”. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 2 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v4i2.6147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Harpito Jasri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.