Analisis Produktivitas PT. Perkebunan Nusantara V (PKS) Sei Galuh Dengan Menggunakan Metode American Productivity Center (APC)

Ismu Kusumanto

Abstract


Data statistik perusahaan menunjukan kenaikan bahan baku berupa tandan buah segar yang diolah tidak diikuti dengan peningkatan hasil produksi CPO (crude palm oil) dan inti, hal ini menunjukan terjadinya penurunan produktivitas perusahaan yang akan berdampak menurunnya pendapatan bersih perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan indeks produktivitas dan indeks profitabilitas perusahaan dengan menggunakan metode APC (American Productivity Center). Hasil dari pengukuran produktivitas selama tahun 2014 adalah indeks produktivitas perusahaan mengalami penurunan, hal ini disebabkan oleh jumlah input-input yang digunakan dalam proses produksi masih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil produksi, untuk itu perusahaan perlu mengoptimalkan proses produksi agar peningkatan TBS (tandan buah segar) yang diolah berbanding lurus dan positif dengan hasil produksi.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Fitri, Nina Aris Riana. 2011. Analisis Produktivitas Dengan Metode Objective Matrix (OMAX) Di PT.X. Jurnal. Teknik dan Manajemen Industri, 6(2): 150-158.

Avianda, Dea, Yoanita Yuniati, Yuniar. Strategi Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal. Teknik Industri, 1(4): 1-12.

Eka, Yusmalina. 2012. Penerapan Metode American Productivity Center (APC) Dalam Meningkatkan Produktivitas dan Profitabilitas. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau. 94 hal.

Eko, Muhammad Harizki. 2009. Analisis Pengukuran Produktivitas Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Marvin E Mundel Di PTPN IV PKS Pabatu, Tebing Tinggi. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. 146 hal.

Gaspersz, Vincent. “Manajemen Produktivitas Total”. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 1998.

Ginting, Hendra Poerwanto. 2012. Zona Manajemen. https://sites.google.com/site/kelolakualitas/Diagram-Fishbone. diakses pada 24 Juni 2015. 23:25.

Hakim, Afif. 2010. Analisa Efisiensi Dan Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis Dan Malmquist Productivity Index. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 49 hal.

Nasution, Arman Hakim. “Manajemen Industri”, ed.1. Yogyakarta: Andi. 2007.

Nopiandi, Dedi. 2012. Pengukuran Produktvitas Untuk Mengidentifikasi Pemborosan Sumberdaya Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) PT. XYZ. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Tanjung Pura. 6 hal.

Sinungan, Muchdarsyah. “Produktivitas Apa Dan Bagaimana”, ed.2. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

Susanti, Lusi, Dicky Fatrias, Siviana Kalangi. 2008. Pengukuran Produktivitas PTP Nusantara VI Unit Usaha Kayu Aro Dengan Metode Objective Matrix. Jurnal Teknik Industri, 8(1): 17-21.

Sutikno, S. 2010. Sistem Pendukung Keputusan Metode AHP Untuk Pemilihan Siswa Dalam Mengikuti Olimpiade Sains Di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Iniversitas Dipenogoro. 10 hal.

Zulkarnaen, NS. 2009. “Manajemen Produktivitas”. Mei. 2015. [Online] Available http://maidun-gleekapay.blogspot.com/2008/07/manajemen-produktivitas.html, diakses 27 Mei 2015, 21:00.

Wignjosoebroto, Sritomo. “Pengantar Teknik dan Manajemen Industri”, Edisi 1. Jakarta: Guna Widya. 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ismu Kusumanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.