Usulan Perbaikan Sistem Kerja pada Proses Produksi Crumb Rubber Menggunakan Metode SHERPA di PT. Riau Crumb Rubber Factory

Ismu Kusumanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Riau Crumb Rubber Factory adalah perusahaan yang bergerak dalam pengolahan karet mentah menjadi barang setengah jadi (work in process) yang kemudian diekspor ke luar negeri. Jenis produk yang dihasilkan yaitu crumb rubber SIR-10 dan SIR-20 (Standart Indonesia Rubber). Salah satu potensi terjadinya human error yang teridentifikasi tersebut identifikasi jenis dan kejadian kesalahan kerja operator di stasiun proses kerja blower, press, metal detector dan packing. Metode yang digunakan adalah Systematic Human Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA) Berdasarkan hasil identifikasi tersebut selanjutnya ditelusuri penyebab terjadinya kesalahan untuk ditentukan pendekatan guna mengurangi kejadian kesalahan kerja operator. Dari hasil pengolahan data potensi terjadinya human error diakibatkan karena operator menjatuhkan balok karet, operator lupa memeriksa dan operator tidak memperhatikan set-up mesin. Terdapat 11 deskripsi error dari 27 task, prediksi error yang mungkin terjadi sesuai dengan HTA dari hasil SHERPA berupa strategi perbaikan untuk meminimasi potensi terjadinya error agar dapat mengurangi resiko kesalahan. Terdapat dua macam usulan perbaikan yaitu dengan menggunakan form checklist dan SOP penggunaan mesin.

Full Text:

PDF

References


Ansori Nachnul, Mustajib M. Imron. Sistem Perawatan Terpadu, (Integraded Maintenance System), Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013.

Bukhori. Kajian Human Error dan Violation Pada Aktivitas Rig Up Menara Rig 350-Horse Power, Lokasi Well Service, PT. Pertamina EP Region Jawa Field Jatibarang. Depok: Tesis, Program Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja, 2012.

Fajar, Yanti, Arie. Usulan Perbaikan Sistem Kerja Mesin Bending di PT. X Menggunakan Metode Systematic Human Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA). Bandung: Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional, 2015.

Hardianto Iridiastadi, Yassierli. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Masruroh Ir. Nisa. Perencanaan Kegiatan Perawatan Pada Unit Produksi Butiran (padat) Dengan Basic RCM (Reability Centered Maintenance) Di PT. Petrokimia Kayaku Gresik, 2008.

Mehdi, Jebrail. Application of SHERPA to Identify and Prevent Human Factor in Control Units of Petrochemical Industry. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics (JOSE), Vol. 19, No.2, 203-209, 2013.

Pangaribuan, Dina Meliana. Analisa Postur Kerja dengan Metode RULA pada Pegawai Bagian Pelayanan perpustakaan USU Medan. Medan: Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, 2009.

Septriady, Dela Agung. Analisis Desain Ergonomi Pintu Masuk Kendaraan Tempur Lapis Baja Armoured Personel Carrier (APC) dalam Virtual Environment. Depok: Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Indonesia, 2011.

Sutarna, I Nyoman. Aplikasi Ergonomi pada Proses Pemotongan Pelat Eser Meningkatkan Kinerja mahasiswa di bengkel Teknologi Mekanik Politeknik Negeri Bali. Denpasar: Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Udayana, 2011.

Sutrio dan Firdaus, Oktri Mohammad. Analisa Pengukuran RULA dan REBA Petugas pada Pengangkatan barang di Gudang dengan Menggunakan Software ErgoIntelligence (Studi Kasus : Petugas Pembawa Barang di Toko Dewi Bandung). Jurnal Prosiding Seminar nasional RITEKTRA. Bandung: Jurusan Teknik Industri, Universitas Widyatama, 2011.

Yuniarto, Dewi, Aini. Perbaikan Pada Fishbone Diagram Sebagai Root Cause analysis Toll. Yogyakarta: Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Gajah Mada, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i1.5064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ismu Kusumanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.