Analisa Perspektif Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja (Studi Kasus : Bidang Contract MGMT & Customer Relations I (CMR I) PT. PLN Nusantara Power)

Norma Yuwitasari, Yitno Utomo

Abstract


Pengukuran kinerja perusahaan merupakan suatu alat manajemen yang penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan tersebut telah tercapai. Pengetahuan mengenai kondisi yang terjadi sekarang  adalah dasar perusahaan untuk melakukan perbaikan dan melakukan langkah-langkah yang akan diambil pada tahap berikutnya, sehingga dapat diketahui, kinerja mengalami perbaikan atau sebaliknya mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keempat perspektif balanced scorecard terhadap kinerja PT. PLN Nusantara Power  Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan yang diukur dengan ROI dikatakan cukup mencapai target dengan rata-rata realisasi sebesar 3,87%, tingkat pertumbuhan laba, dan tingkat pertumbuhan penjualan menunjukkan hasil dengan rata-rata realisasi sebesar 1,25% dan 7,92% dikarenakan adanya penyesuaian margin perjanjian jual beli tenaga listrik tahun 2021 dan revaluasi aset yang dilakukan oleh perusahaan di tahun 2021, pada perspektif pelanggan yang diukur dengan kepuasan, ketidakpuasan, dan keterikatan pelanggan menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata realisasi sebesar 83,6%, 15,39%, dan 66,06%. Pada perspektif proses bisnis internal yang diukur dengan fasilitas baru dan layanan yang diberikan setelah transaksi menunjukkan kapasitas perusahaan sebagai perusahaan yang baik, serta pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang diukur dengan Employee Training dan Employee Turn Over menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata realisasi sebesar 13,7% dan 13,68%.

 

Kata Kunci : Pengukuran kinerja, Balanced scorecard.

 


Full Text:

PDF

References


A. Zuniawan, O. Julyanto, Y. B. Suryono, and Z. F. Ikatrinasari, “Implementasi Metode Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Di Perusahaan Engineering (Study Case PT. MSE),” J. Ind. Serv., vol. 5, no. 2, pp. 251–256, 2020, doi: 10.36055/jiss.v5i2.8008.

P. Manajemen, F. Ekonomi, U. I. Lamongan, and R. L. Berganda, “273-509-1-Ce,” vol. 4, no. 3, pp. 1069–1084, 2019.

M. Galib and M. Hidayat, “Analysis of Company Performance Using the Balanced Scorecard Approach in Bosowa Propertindo.,” Seiko J. Manag. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 92–112, 2018.

H. Masturi, A. Hasanawi, and A. Hasanawi, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 10, pp. 1–208, 2021.

N. Novitha Rani, M. A. T. Abidin, and E. Thrismono, “Analisis Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan di Bank BJB KCP Gatot Subroto,” J. Dimamu, vol. 1, no. 2, pp. 180–189, 2022, doi: 10.32627/dimamu.v1i2.476.

C. Rikardo, T. Limansyah, and D. Lesmono, “Model Persediaan Deterministik dengan Mempertimbangkan Masa Kadaluarsa dan Penurunan Harga Jual,” Pros. Semnastek, no. November, pp. 1–6, 2015.

W. J. Tarigan and M. H. Sinaga, “Analisis Pengukuran Kinerja Untuk Mengevaluasi Perencanaan Strategis Dengan Menggunakan Balance Scorecard,” Owner, vol. 6, no. 2, pp. 1194–1207, 2022, doi: 10.33395/owner.v6i2.688.

M. Ilham, “Peran Pengalaman Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris,” Jmm Unram - Master Manag. J., vol. 11, no. 1, pp. 13–20, 2022, doi: 10.29303/jmm.v11i1.695.

R. Pura, “Studi Komparatif Aspek Pengukuran Kinerja Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid,” AkMen J. Ilm., vol. 18, no. 2, pp. 135–143, 2021, doi: 10.37476/akmen.v18i2.1663.

R. Ardiansyah and Fitria, “Penggunaan Metode Balance Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Pekerjaan Pada PT. Bangun Cipta Karya Pamungkas (PT. BCKP),” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, pp. 78–87, 2019.

H. Meiliati, M. A. Rafsanjani, and F. Rahadi, “Analisis Pengendalian Mutu Crude Palm Kernel Oil (CPKO) Dengan Menggunakan Metode Statical Statistical Quality Control (SQC),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 119–127, Jun. 2023, doi: 10.55826/tmit.v2i2.71.

N. H. Ummah and S. S. Dahda, “Analisis Efektifitas Kinerja Mesin Cutting Manual Dan Otomatis Menggunakan Metode OEE (Overall Equipment Effectiveness) Di PT. XYZ,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 345–354, 2022.

M. Nur, “Al Anshari., 2015. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Johan Sentosa (PKS-Bangkinang),” J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. Dalam Bid. Tek. Ind., vol. 1, no. 2, p. 201.

M. Nur, “Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Johan Sentosa (PKS-Bangkinang),” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 75–82, 2015.

D. M. Sutrisno, D. Herwanto, and W. Wahyudin, “Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT XYZ di Karawang,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 91–100, 2022.

C. F. Glorya and W. Setiafindari, “Pengukuran Kinerja Supply Chain Menggunakan SCOR 12.0 Dan AHP Pada Industri Batik Tulis,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 9, no. 2, pp. 489–497, 2023.

M. I. Hamdy, “Pengaruh Faktor Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 117–125, 2015.

S. Safitri, D. Prastiwi, and B. Setianto, “Analisis kinerja rumah sakit dengan pendekatan balanced scorecard pada RSI surabaya,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 11, pp. 5148–5156, 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v4i11.1912.

F. Simbolon, “Perbandingan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan,” Binus Bus. Rev., vol. 6, no. 1, p. 91, 2015, doi: 10.21512/bbr.v6i1.991.

M. Tandiontong and E. R. Yoland, “Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Yang Memadai (Sebuah Studi Pada Perusahaan Bio Tech Sarana di Bandung),” Akurat J. Ilm. Akunt., no. 05, 2011.

I. Jayakusuma, “Analisis Balanced Scoredcard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Taspen (Persero) Kcu Bandung.,” pp. 8–33, 2016.

S. Hanuma and E. Kiswara, “Analisis Balance Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor),” J. Ekon., vol. 9, no. 2, pp. 1–24, 2011.

A. Hartati et al., Pengukuran Kinerja Sektor Publik : Teori Dan Aplikasi, no. July. 2022.

T. A. N. Haidiputri, “Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo,” J. Manaj. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 14–23, 2019, doi: 10.33096/jmb.v6i2.221.

A. Sumarlan and Y. W. Setiadi, “Pengukuran Kinerja Perusahaan Berdasarkan Balance Scorecard Pada Pt Asuransi Multi Artha Guna Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia,” J. Ilm. Akuntansi, Manaj. dan Ekon. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 104–122, 2022, doi: 10.36085/jam-ekis.v5i1.2745.

A. D. I. Buana, “Adi buana,” p. 2015, 2016.

R. B. Pandaleke, J. J. Tinangon, and A. Wangkar, “The Application of Balanced Scorecard As an Alternative Performance Measurement At Pt Bank Sulutgo Branch Ratahan,” Emba, vol. 9, no. 3, pp. 1018–1028, 2021.

T. K. E. Empat, “(historical data),” pp. 2–3, 2021.

U. Brawijaya, “1 3 | F M E a.”




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i2.23904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Norma Yuwitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.