Meminimalisir Produk Cacat Pada Produksi Batik Cap Menggunakan Penerapan Metode Six Sigma Dan Kaizen

Syaqila Erie Mahardhika, Ari Zaqi Al-Faritsy

Abstract


PT Batik Danar Hadi Pabelan adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak dibidang industri tekstil khususnya produk batik. Pada proses produksi PT Batik Danar Hadi Pabelan mengalami permasalahan yaitu tingginya tingkat cacat. Berdasarkan pengumpulan data jumlah cacat dibulan Februari 2023 sampai Maret 2023 terdapat tiga jenis cacat yaitu cacat cetak sebanyak 23 kain, cacat warna sebanyak 19 kain, dan cacat bahan sebanyak 13 kain. Jenis cacat pada produk batik cap yang perlu diperbaiki terlebih dahulu adalah cacat cetak karena jumlah cacatnya yang paling banyak. Tujuan peneliti adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan cacat cetak pada produk batik cap, mengetahui tingkat cacat yang dihasilkan, dan meminimalkan tingkat cacat yang dihasilkan pada proses produksinya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penerapan metode dari enam tahap kaizen beserta alat kaizen (5W+1H dan 5S) dan six sigma. Tahap pertama menentukan tema, tahap kedua memahami situasi dan menentukan target, tahap ketiga melakukan identifikasi akar masalah, tahap keempat menentukan rencana perbaikan, tahap kelima melaksanakan perbaikan, dan tahap keenam membandingkan hasil sebelum dengan sesudah perbaikan. Hasil perbaikan dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang dimana hasil nilai level sigma mengalami peningkatan yaitu dari 3.43 menjadi 3.76.

 

Kata kunci: Kualitas, Kaizen, Six Sigma, 5W+1H, 5S


Full Text:

PDF

References


H. C. Wahyuni, Buku Ajar Pengendalian Kualitas Industri Manufaktur Dan Jasa. 2020. doi: 10.21070/2020/978-623-6833-79-7.

R. Virona M, Analisis Produktivitas dan Efisiensi, 1st ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2019.

S. K. Habsari, “Analisis Pengendalian Kualitas produk Pada Aywinda Batik Di Tegalsari Banyuwangi,” p. 56, 2019, [Online].

Available: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96574

N. Hairiyah, “Penerapan Six Sigma dan Kaizen Untuk Meperbaiki Kualitas Roti Di UD. CJ Bakery,” J. Teknol. Ind. Has. Pertan., vol. 25, no. 1, p. 35, 2020,

doi: 10.23960/jtihp.v25i1.35-43.

L. K. Fitriani and A. T. Putry, “Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Untuk Menekan Tingkat Kerusakan Produk,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 5, p. 133, 2020,

doi: 10.36418/syntax-literate.v5i5.1160.

A. Sutaryono, “Usulan Peningkatan Kualitas Kain Batik Semi Tulis menggunakan Metode Six Sigma,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, p. 48, 2020,

doi: 10.24014/jti.v5i1.6765.

A. Y. Pradana, “Peningkatan Produktivitas Produksi Kain Batik Menggunakan Metode Lean Dan Kaizen Di UMKM Sanggar Batik Jumputan Maharani,” J. DISPROTEK, vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2020,

doi: 10.34001/jdpt.v11i1.884.

W. Hidayat, T. Ristyowati, and G. M. Putro, “Analisis Beban Kerja Fisiologis sebagai Dasar Penentuan Waktu Istirahat untuk Mengurangi Kelelahan Kerja,” Opsi, vol. 13, no. 1, p. 62, 2020,

doi: 10.31315/opsi.v13i1.3469.

P. Purwadi, “Pengaruh Pengawasan Langsung dan Tidak Langsung terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Prasarana Wilayah Kota Samarinda,” Akuntabel, vol. 14, no. 2, p. 187, 2018,

doi: 10.29264/jakt.v14i2.1911.

M. Chudori, “Usulan Peningkatan Kualitas Pada Proses Produksi Dengan Metode Lean Six Sigma dan Kaizen (Studi Kasus: CV Indra Daya Sakti),” Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Surakarta, p. 15, 2020.

F. Al Choir, “Pelaksanaan Quality Control Produksi Untuk Mencapai Kualitas Produk Yang Meningkat (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang),” vol. 1, no. 4, pp. 2598–2893, 2018.

M. Kurnianingtias, A. R. Heryadi, D. Purwanningrum, G. Y. Astrini, H. Khairunnisa, and L. N. I. Sari, “Analisis Penyelesaian Permasalahan Bottleneck pada Lini Produksi di Pabrik Tekstil dengan Metode Kaizen,” J. Rekavasi, vol. 7, no. 1, 2019.

N. Kadek and R. Sari, “Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Pie Susu Pada Perusahaan Pie Susu Barong Di Kota Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Persaingan di dalam industri baik jasa maupun manufaktur tidak hanya dala,” vol. 7, no. 3, pp. 1566–1594, 2018.

M. Mahachandra, R. Rumita, W. N. Aisyah, and M. Tohari, “Mahachandra M, Rumita R, Aisyah WN. Analisis Lingkungan Kerja Pengrajin Batik Tulis Pada Pekerja Tetap Dan Pekerja Borong Lepas Di Desa Wisata Jarum. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri.;17(3):212-8.,” vol. 17, no. 3, pp. 212–218, 2022.

D. Sjarifudin, H. Kurnia, H. H. Purba, and C. Jaqin, “Implementation of six sigma approach for increasing quality formal men’s jackets in the garment industry,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 6, no. 1, pp. 33–44, 2022, doi: 10.30656/jsmi.v6i1.4359.

S. E. Rahmayanti, “Pengaruh Pelatihan, Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Rumah Batik Rolla Di Kabupaten Jember,” 2018, [Online].

Available:https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89704%0Ahttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/89704/Saputri Eka Rahmayanti-150810201308.pdf?sequence=1

A. Intan and Lady Deamonita, “Pengendalian Kualitas Tas Tali Batik Di PT. XYZ Dengan Menggunakan Metode Six Sigma,” Semin. Dan Konf. Nas. IDEC, pp. 7–8, 2018.

N. A. Ma’arif, “Pengendalian Kualitas Pada Produk Batik Printing Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: Divisi Printing PT . Dan Liris , Sukoharjo),” 2019.

M. Nasution, A. Bakhori, and W. Novarika, “Manfaat Perlunya Manajemen Perawatan Untuk Bengkel Maupun Industri,” Bul. Utama Tek., vol. 16, No. 3, pp. 248–252, 2021.

S. N. Evita, W. O. Z. Muizu, and Raden Tri Wayu Atmojo, “Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management By Objectives (Studi kasus pada PT Qwords Company International),” Pekbis J., vol. 9, no. 1, pp. 18–32, 2019.

L. P. Riani and A. N. Ramadhan, “Implementasi 4QC Tools Dan IOT Sebagai Pengendali Kegagalan Produk Usaha Batik Fendy, Klaten,” Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 14–26, 2020,

doi: 10.31334/abiwara.v2i1.1051.

F. A. Amrin and E. Yuliawati, “Pengendalian Kualitas Kain Batik Tulis Dengan Metode Six Sigma Dan Failure Mode Effect And Criticality Analysis,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. IX 2021, 2021.

Amirudin and P. Dewi Masruroh, “Implementasi Konsep Kaizen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan,” Akademika, vol. 18, no. 1, pp. 66–76, 2020.

D. F. Viranda, A. D. Sari, M. R. Suryoputro, and N. Setiawan, “5S Implementation of SME Readiness in Meeting Environmental Management System Standards based on ISO 14001:2015 (Study Case: PT. ABC),” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 722, no. 1, pp. 0–11, 2020,

doi: 10.1088/1757-899X/722/1/012072.

Rahmawati and Soehardi, “Pengaruh Budaya Kaizen ( 5S ), Teknologi Dan Inovasi,” J. Ilm. Manaj. Ubhara, vol. 2, pp. 125–155, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i2.23442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syaqila Erie Mahardhika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.