Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang KRL (Kereta Commuter) Dengan Menggunakan Metode CSI dan IPA
Abstract
Transportasi kereta api di Jabodetabek merupakan transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat akan tetapi masih terdapat beberapa masalah dalam berbagai aspek pelayanan terutama pada simpul-simpul stasiun transit seperti stasiun Manggarai. Stasiun transit Manggarai adalah adalah stasiun transit yang menampung sekitar 1.054 perjalanan per hari. Stasiun Manggarai salah satu stasiun yang sangat ramai namun dalam proses pelayanannya masih terdapat beberapa masalah maka dari itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan KRL di Stasiun Manggarai dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisis CSI didapatkan hasil sebesar 0,725 atau 72,5% atau diinterpretasikan “Cause for Concern” artnya ada beberapa yang harus menjadi perhatian untuk meningkatkan pelayanan di Stasiun Manggarai. Dan berdasarkan hasil analisis IPA terdapat 4 aspek pelayanan yang perlu ditingkatkan yaitu Kecepatan Pemberian Informasi Terkait Operasi, Kemudahan Transit Antar Jalur kereta, Keamanan Transit Antar Jalur Kereta, dan Ketepatan Waktu Kedatangan dan Keberangkatan.
Kata kunci: Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, KRL, Kepuasan Pelanggan, Stasiun Manggarai
Full Text:
PDFReferences
G. P. Artiani, T. Oktaviani, and N. Tantri, ‘Evaluasi Kinerja Stasiun Manggarai Akibat Perubahan Jalur Transit Terhadap Kepuasan Penumpang’, vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.33322/forummekanika.v11i2.1835.
S. Lestari, ‘Evaluasi Tingkat Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Parahyangan’, Jurnal Penelitian Transportasi Dara, vol. 16, no. 1, pp. 19–32, Mar. 2014.
Sugianto and M. A. Kurniawan, ‘Tingkat Ketertarikan Masyarakat Terhadap Transportasi Online, Angkutan Pribadai Dan Angkutan Umum Berdasarkan Persepsi’, Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, vol. 1, no. 2, pp. 51–58, 2020.
A. Syarif and A. Widodo, ‘Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Menggunnakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Important Performance Analysis (IPA) Pada Bengkel Auto2000 Asia Afrika Bandung’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), vol. 4, no. 3, pp. 685–701, 2020.
A. Wicaksono and F. Yuamita, ‘Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Meminimalkan Cacat Kaleng Di PT XYZ’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. III, pp. 145–154, 2022.
A. Wicaksono and F. Yuamita, ‘Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Meminimalkan Cacat Kaleng Di PT XYZ’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. III, pp. 145–154, 2022.
A. S. M. Absa and S. Suseno, ‘Analisis Pengendalian Kualitas Produk Eq Spacing Dengan Metode Statistic Quality Control (SQC) Dan Failure Mode And Effects Analysis (FMEA) Pada PT. Sinar Semesta’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. III, pp. 183–201, 2022.
A. Anastasya and F. Yuamita, ‘Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. I, pp. 15–21, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.4.
L. M. M. Ramdani, A. Z. Al Farity, and A. Z. Al Faritsy, ‘Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. II, pp. 85–97, 2022.
A. Wicaksono and F. Yuamita, ‘Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kaleng Di PT. Maya Food Industries’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), vol. 1, pp. 1–6, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.6.
A. Dewangga and S. Suseno, ‘Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Plywood Menggunakan Metode Seven Tools, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Dan TRIZ’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. 3, pp. 243–253, 2022.
A. Z. Al Faritsy, ‘Analisis Pengendalian Kualitas Produk Ember Cat Tembok 5kg Menggunakan Metode New Seven Tools:(Studi Kasus: PT. X)’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. 3, pp. 231–242, 2022.
N. A. Pratama, M. Z. Dito, O. O. Kurniawan, and A. Z. Al-Faritsy, ‘Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Seven Tools Dan Kaizen Dalam Upaya Mengurangi Tingkat Kecacatan Produk’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 2, no. 2, pp. 53–62, 2023.
D. Levia, ‘Analisis Proses Produksi CPO Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Mutu CPO’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 2, no. 2, pp. 82–89, 2023.
B. W. D. Nugroho, N. J. K. Jakti, M. A. N. Rochman, and A. J. Nugroho, ‘Analisis Pengendalian Kualitas Produk Gula Dan Biaya Kualitas Dalam Menunjang Efektivitas Produksi:(Studi Kasus: PT Madu Baru Pg Madukismo)’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 2, no. 2, pp. 72–81, 2023.
W. Widiyanti, ‘Evaluasi Servqual pada Petshop Indonesia menggunakan Metode IPA dan CSI’, Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, vol. 20, no. 1, 2022, doi: 10.31294.
Z. K. Purbobinuko and R. Wurianing, ‘Analisis Kepuasan dengan Metode CSI dan IPA Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di RS. Dr Soetarto Yogyakarta’, Indonesian of Health Information Management Journal, vol. 8, no. 2, pp. 80–91, 2020.
N. Nazaruddin and S. Sarbaini, ‘Evaluasi Perubahan Minat Pemilihan Mobil dan Market Share Konsumen di Showroom Pabrikan Honda’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. II, pp. 97–103, 2022.
F. S. Lubis, A. P. Rahima, M. I. H. Umam, and M. Rizki, ‘Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru’, SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 17, no. 1, pp. 25–31, 2020.
B. W. Budiarto, S. Priyanto, and I. Muthohar, ‘Analisis Kualitas Pelayanan P.T. Kereta Api Indonesia terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa pada Stasiun Cepu’, Jurnal Perkeretaapian Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 48–57, 2021.
A. D. Setiawan, A. Z. Yamani, and F. D. Winati, ‘Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus UMKM Ahul Saleh)’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. 4, pp. 286–295, 2022.
A. Elanda Kusumaningrum and J. Asfirotun, ‘Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja Pt.Kereta Api Indonesia (Persero) (Krl Commuter Line Jakarta Kota-Bogor)’, Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), vol. 5, pp. 350–357, 2013.
S. Lestari, ‘Analisis Kebutuhan Sarana Kereta Api Rel Listrik (KRL) Lintas Bekasi-Jakarta Kota’, Jurnal Penelitian Transportasi Darat, vol. 16, no. 4, pp. 161–168, 2014.
R. Dewi and M. Pardede, ‘Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bina Buana Semesta’, (JEBI) Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, vol. 16, no. 1, 2021, [Online]. Available: www.jurnal.stiebi.ac.id
D. Firmansyah and Dede, ‘Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i2.22991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Angga Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Industri
P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235
Published by:
Industrial Engineering Department
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Office Address:
H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
email: jti.fst@uin-suska.ac.id
Indexed by:
JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.