Analisis cacat proses pembuatan Air Mineral dalam Kemasan dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis Pada CV. AL Azhar Mandiri

Mohammad Febri Nurdyansyah, Dzakiyah Widyaningrum

Abstract


Air minum merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Seperti diketahui, menteri kesehatan mengingatkan bahwa 60-70% tubuh manusia terdiri dari air. Apabila tubuh kekurangan cairan maka tubuh secara otomatis akan mencari jalan mengambil sumber air dari komponen tubuh sendiri antara lain dari darah, akibatnya kadar air dalam darah akan berkurang dan darah menjadi kental. Pada akhirnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat – zat makanan akan terganggu. Sebab itu, manusia diharuskan untuk selalu menjaga asupan air yang cukup dengan minum minimal 2liter atau 8 gelas per hari (Depkes, 2016). CV Al Azhar  merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri AMDK. Hasil produksi CV Al azhar yaitu produk AMDK dengan kemasan cup isi 220 ml. Dalam produksinya CV Al Azhar belum dapat mencapai zero defect, hal ini dikarenakan masih banyak ditemukan produk defect selama proses produksi dimana pada bulan Agustus – Oktober diperoleh produksi sebesar 208.359 cup dan produk cacat sebesar 4,375 cup. Dari data tersebut didapatkan kecacatan produk masih melebihi batas toleransi perusahaan yaitu 2% dengan jenis cacat produk yang ditemukan yaitu cup pecah, press, cup bocor, kurang isi, dan lid miring. Hal ini perlu ditindaklanjuti dan dianalisis secara akurat dengan mengaplikasikan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA).


Full Text:

PDF

References


M. Rizki et al., “Determining Marketing Strategy At LPP TVRI Riau Using SWOT Analysis Method,” yrpipku.com, vol. 3, no. 1, pp. 10–18, Accessed: May 30, 2022. [Online]. Available: https://yrpipku.com/journal/index.php/jaets/article/view/276.

A. Wicaksono and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kalen didapatkan beberapa faktor penyebab cacat pada proses produksi AMDK yang telah dilakukan penelitian di CV. Al - Azhar water, dari hasil analisis fishbone diagram dan perhitungan nilai RPN dari yang tertinggi telah ditemukan akar penyebab proses produksi jenis cacat Kurang isi Merugikan konsumen karena air produk <220 ml dengan RPN 72, Lid miring dengan RPN 80, Cacat press, dimana Proses press lid kurang sempurna, lid bisa meleleh dengan RPN 252. Sedangkan jenis cacat Bocor yaitu Berpengaruh pada kualitas produk RPN 36, cup pecah target perusahaan berkurang RPN 24. g Di PT. Maya Food Industries,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 1–6, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.6.

J. N. A. Aziza, “Perbandingan Metode Moving Average, Single Exponential Smoothing, dan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Permintaan Tabung Gas LPG PT Petrogas Prima Services,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 35–41, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.8.

S. Adi and F. Yuamita, “Analisis Ergonomi Dalam Penggunaan Mesin Penggilingan Pupuk Menggunakan Metode Quick Exposure Checklist Pada PT. Putra Manunggal Sakti,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 22–34, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.7.

A. Rinaldi, N. Rahmadani, P. Papilo, Silvia, and M. Rizki, “Analisa Pengambilan Keputusan Pemilihan Bahan Dalam Pembuatan Kemeja Menggunakan Metode TOPSIS,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 18, no. 2, pp. 163–172, 2021, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12862.

F. Surayya Lubis, A. Putri Rahima, M. Isnaini Hadiyul Umam, and M. Rizki, “Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 16, no. 02, pp. 25–31, 2019, Accessed: May 30, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/9366.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.22588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Febri Nurdyansyah, Dzakiyah Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.