Pengembangan Produk Roti Sorgum Vla Dadih Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen

Prima Fithri, Aufa Hayuzikra, Alizar Hasan, Asmuliardi Muluk

Abstract


Pengembangan produk baru penting dilakukan karena sangat erat kaitannya akan keberlangsungan bertahannya produk tersebut. Dengan melakukan pengembangan produk berdasarkan preferensi konsumen, peluang produk bertahan lama akan lebih besar. Sehingga minat pelanggan akan semakin meningkat begitu pula dengan penjualan yang semakin tinggi. Salah satu produk inovasi yang dilakukan oleh tim dosen Science Techno Park Universitas Andalas ialah Roti Sorgum Vla Dadih. Roti ini sangat kaya akan gizi hingga memiliki banyak manfaat di antaranya dapat mencegah stunting, menurunkan berat badan, dan juga mencegah kadar gula darah. Produk ini hanya memiliki satu varian yaitu roti sorgum yang didampingi dengan vla dadih. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan produk baru yang mempertimbangkan preferensi konsumen pada produk Roti Sorgum Vla Dadih.

Pengembangan produk baru pada penelitian ini menggunakan metode Conjoint Analysis untuk memperoleh kombinasi atribut dan level berdasarkan preferensi konsumen. Selanjutnya digunakan Tabulasi Silang dengan pendekatan Uji Chi-Square untuk memprediksi keinginan konsumen membeli produk Roti Sorgum Vla Dadih. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa terdapat lima atribut penting oleh konsumen dalam pengembangan produk roti yaitu atribut rasa, atribut tekstur, atribut kemasan, atribut topping, dan atribut kandungan gizi. Berdasarkan atribut dan level yang dianggap penting oleh konsumen diperoleh 25 kombinasi produk roti. Kombinasi produk terbaik yaitu rasa vla coklat dengan tekstur crunchy dan kemasan yang praktis. Topping yang dipilih pada kombinasi produk roti terbaik ini ialah keju dengan kandungan gizi rendah kalori. Selanjutnya diperoleh minat beli responden yang cukup tinggi baik berdasarkan pekerjaan maupun riwayat terakhir responden mengonsumsi roti. Responden yang bekerja sebagai karyawan memiliki persentase paling tinggi dibanding yang lainnya yaitu 53% dan responden dengan riwayat mengonsumsi roti lebih 3 bulan atau lebih memiliki persentase pasti akan membeli “Roti Sorgum Vla Dadih” sebesar 51%. Hal ini memungkinkan konsumen roti lainnya akan berpindah ke produk “Roti Sorgum Vla Dadih” melihat besarnya persentase responden pada skala pasti akan beli.


Full Text:

PDF

References


L. Yuliawati, “Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Industri Makanan Dan Minuman Di Indonesia,” J. Ecodemica J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 266–273, 2017.

C. Kojo, M. H. Rogi, and D. C. Lintong, “Pkm Pengembangan Inovasi Produk Makanan Dan Minuman Yang Dijual Di Seputaran Kampus Unsrat Bahu,” J. LPPM Bid. EkoSosBudKum (Ekonomi, Sos. Budaya, dan Hukum), vol. 4, no. 2, pp. 68–76, 2019.

S. Suarni, “Peranan sifat fisikokimia sorgum dalam diversifikasi pangan dan industri serta prospek pengembangannya,” 2016.

S. Norawati and Z. Zulher, “Analisis Pengendalian Mutu Produk Roti Manis Dengan Metode Statistical Process Control (Spc) Pada Kampar Bakery Bangkinang,” J. Menara Ekon. Penelit. dan Kaji. Ilm. Bid. Ekon., vol. 5, no. 2, 2019.

N. C. Saliq, “Peranan Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Busana Muslim Di Usaha Dagang (Ud) Eva Indah Tulungagung,” 2017.

A. Efendi, M. Rizki, F. S. Lubis, and M. I. Hadiyul, “An Analysis of the Crispy Mushroom Business For Small And Medium-Sized Enterprises (SMEs) In Indonesia,” 2022.

D. Lestiyorini and I. K. Gunarta, “Model Analisis Pengembangan Produk Baru Obat Herbal Di Indonesia Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen Dan Penerimaan Channel Secara Terintegrasi,” 2015.

M. I. Amal and N. A. Mahbubah, “Optimalisasi Fasilitas Produksi Dengan Metode Multi-Objective Function Dan Simulasi Arena Berdasarkan ARC dan Algoritma Blocplan,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 158–167, 2022.

W. Anggraini and R. S. Sinaga, “Usulan Keseimbangan Lintasan Stasiun Bottleneck dalam Upaya Pencapaian Target Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus: PT. Baja Kampar Sarana Industri),” J. Tek. Ind., vol. 2, no. 1, 2016.

S. R. Paays, “Minimasi Waste Pada Proses Produksi Dengan Pendekatan Lean Manufacturing Di PT. Mulia Jaya Mandiri (Studi Kasus Di Departemen Produksi)-Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri UIN SUSKA.” Institut Teknologi Kalimantan, 2022.

D. Diniaty, “Analisis kecacatan produk tiang listrik beton menggunakan metode seven tools dan new seven tools (Studi Kasus: Pt. Kunango Jantan),” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. Dan Karya Ilm. Dalam Bid. Tek. Ind., vol. 2, no. 2, pp. 155–162, 2016.

K. Backhaus, J. Jasper, K. Westhoff, J. Gausemeier, M. Grafe, and J. Stöcklein, “Virtual reality based conjoint analysis for early customer integration in industrial product development,” Procedia CIRP, vol. 25, pp. 61–68, 2014.

H. Wijayanto, Y. Angraini, and R. Riskinandini, “Analisis konjoin: Metode full profile dan CBC untuk menelaah persepsi mahasiswa terhadap pilihan pekerjaan,” in Forum Statistika dan Komputasi, 2007, vol. 12, no. 1.

A. S. B. Aswirawan, “Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis,” 2020.

D. D. W. I. Setyawan, P. Studi, T. Industri, F. Teknik, and U. M. Surakarta, “Sepatu Pada Bisnis Online Menggunakan Conjoint ( Studi Kasus : Grizzlyshoe ) ( Studi Kasus : Grizzlyshoe ),” 2022.

N. A. Masroeri and B. M. Wibawa, “Analisis Perbedaan dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Food Souvenir,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v8i2.46901.

S. Puspitaningrum and C. I. Setiawati, “Analisis 7 Atribut e-Commerce Berbasis Website sebagai Dasar Preferensi Konsumen di Kota Bandung dengan Pendekatan Analisis Konjoin,” Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 151–167, 2021, doi: 10.23917/benefit.v6i2.14085.

M. R. Yuriandhan, A. Z. Yamani, and H. Q. Karima, “Implementasi E-Sales Berbasis Open Source Sebagai Transformasi Dan Efisiensi Proses Bisnis (Studi Kasus Penjualan Lokal Pt Perkebunan Tambi),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 322–333, 2022.

F. S. Lubis, A. U. Afifah, and S. Suherman, “Strategi Pengembangan Usaha Tunas Jaya Paving dengan Metode BCG dan Evaluasi Price Strategy,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 254–266, 2022.

A. S. Dewi, T. Inayati, and M. J. Efendi, “Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. III, pp. 202–209, 2022.

A. Nayazik, “Pembentukan keterampilan pemecahan masalah melalui model IDEAL problem solving dengan teori pemrosesan informasi,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 8, no. 2, pp. 182–190, 2017.

D. Levia, “Analisis Proses Produksi CPO Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Mutu CPO,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 82–89, 2023.

B. W. D. Nugroho, N. J. K. Jakti, M. A. N. Rochman, and A. J. Nugroho, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Gula Dan Biaya Kualitas Dalam Menunjang Efektivitas Produksi:(Studi Kasus: PT Madu Baru Pg Madukismo),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 72–81, 2023.

L. M. M. Ramdani, A. Z. Al Farity, and A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. II, pp. 85–97, 2022.

A. Anastasya and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. I, pp. 15–21, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.4.

A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Ember Cat Tembok 5kg Menggunakan Metode New Seven Tools:(Studi Kasus: PT. X),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 231–242, 2022.

A. Dewangga and S. Suseno, “Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Plywood Menggunakan Metode Seven Tools, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Dan TRIZ,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 243–253, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i2.22557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prima Fithri, Aufa Hayuzikra, Alizar Hasan, Asmuliardi Muluk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.