Analisis Preferensi Konsumen untuk Merancang Atribut Café dengan Menggunakan Metode Konjoin

Lilis Nurhayati, Agrienta Bellanov

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi mendorong bisnis di bidang makanan dan minuman menjadi makin kreatif. Kopi menjadi salah satu minuman yang disukai kalangan anak muda maupun orang tua. Dengan meningkatnya jumlah coffee shop di Sidoarjo, banyak orang dapat menikmati sajian kopi yang kualitasnya sama dengan coffee shop dari luar negeri.. Café Kopili adalah salah satu perusahaan bisnis coffee shop yang perlu merancang produknya agar dapat diterima oleh masyarakat khususnya kaum milenial, sehingga dapat memenangkan persaingan bisnis di bidang coffee shop. Penelitian ini menggunakan metode conjoint analysis yang bertujuan untuk merancang atribut yang dianggap penting berdasarkan preferensi konsumen. Hasil penelitian didapatkan stimuli (kombinasi) atribut berupa suasana yang paling diinginkan konsumen adalah instagramable, layanan open bar, dengan harga yang diinginkan < Rp 15.000 dan minuman manual brew. Hal ini dapat digunakan sebagai strategi bagi café Kopili dalam merancang pemasaran produknya sehingga mempunyai daya saing dalam bisnis minuman kopi.

 

Kata kunci: Coffee Shop, Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin


Full Text:

PDF

References


Z. I. Zaenal Mutaqin Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta, “Dinamika Aspek Kesehatan dan Ekonomi dalam Kebijakan Pengendalian Minuman Berkarbonasi di Indonesia,” Qual. J. Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 26–37, 2018.

P. Agus Renaldi and N. Nyoman Yulianthini, “Pengaruh Iklan dan Citra Merek serta Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Kopi Siap Minum Dalam Kemasan Merek Nescafe di Singaraja,” J. Manaj. Perhotelan Dan Pariwisata, vol. 5, no. 2, pp. 163–170, 2022.

D. A. S. Al Kaunaini and S. Aminah, “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Indomilk Di Sidoarjo (Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo),” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 3, no. 4, pp. 2549–2557, 2022.

E. Kristiningrum, F. Setyaning, F. Isharyadi, and A. S. A, “Analisa Standar Dan Strategi Industri Kopi Siap Minum Dalam Kemasan,” J. Stand., vol. 18, no. 3, p. 205, 2018, doi: 10.31153/js.v18i3.334.

Armstrong & Kotler, “Principles of Marketing,” New York Pearson Int., p. 735, 2018.

S. Komunikasi, P. Kopi, S. Kasus, P. Cv, P. Cahaya, and C. Kopi, “Melalui Digitalpreneur,” vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020.

M. Haris Fadhillah, S. A. Solihin, and D. Nugrahyani, “Analisis Strategi Pemasaran pada Kerta Cafe dalam Upaya Memulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 259–266, 2022, doi: 10.32670/coopetition.v13i2.1604.

N. A. Fatimah, Analisis Strategi Pemasaran Agroindustri Kopi Laos Di Kabupaten Sumenep, no. September. 2019.

Robert Hendra Yudianto and Adnan Setyoko, “Strategi Visual Kemasan Market Leader Mie Instan Di Indonesia,” J. Ris. Rumpun Seni, Desain Dan Media, vol. 1, no. 1, pp. 57–67, 2022, doi: 10.55606/jurrsendem.v1i1.343.

S. Adithia and M. P. P. Jaya, “Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi,” J. Res. Bus. Tour., vol. 1, no. 1, p. 37, 2021, doi: 10.37535/104001120213.

N. Kusdianto, “Efisiensi dan Strategi Pemasaran Kopi Arabika (Coffea arabica) Java Ijen Raung di Desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso,” Skripsi, 2015.

J. Komunitas and D. Indonesia, “p-ISSN 2622-4291 e-ISSN 2622-4305,” pp. 30–36, 2020.

“Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Flavoured Iced Coffee Di Coffee Shop Dengan Metode Conjoint Analysis M FARHAN SUMALI, Dr. Ir. Dyah Ismoyowati, M.Sc. ; Moh. Wahyudin, STP., M.Sc.,” pp. 1–2, 2020.

S. Puspitaningrum and C. I. Setiawati, “Analisis 7 Atribut e-Commerce Berbasis Website sebagai Dasar Preferensi Konsumen di Kota Bandung dengan Pendekatan Analisis Konjoin,” Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 151–167, 2021, doi: 10.23917/benefit.v6i2.14085.

Ε. Ανυφαντάκης, “Γάλα καλής ποιότητας ΈλεγχοςNo Title,” no. 1990, pp. 38–59, 1994.

R. Riskinandini, “Analisis Konjoin: Metode Full Profile Dan Cbc Untuk Menelaah Persepsi Mahasiswa terhadap Pekerjaan,” Forum Stat. Dan Komputasi, vol. 12, no. 1, pp. 8–17, 2007.

A. S. B. Aswirawan, “Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis,” 2020.

A. Aiman, A. A. Handaka, and W. Lili, “Analisis preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli produk olahan perikanan di kota tasikmalaya (studi kasus di pasar tradisional cikurubuk, kec mangkubumi),” J. Perikan. dan Kelaut., vol. 8, no. 1, pp. 8–18, 2017.

N. A. Masroeri and B. M. Wibawa, “Analisis Perbedaan dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Food Souvenir,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v8i2.46901.

N. F. Andriani and A. H. Setiawan, “Faktor Berhubungan Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Skincare,” Diponegoro J. Kesehat., vol. 9, no. 4, pp. 1–8, 2020.

B. Norikun, “Analisis Faktor-Faktor Dalam Meningkatkan Kesuksesan Produk Baru Pada Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Telepon Seluler Polytron Atau Pt. Hartono Istana Teknologi),” pp. 65–80, 2018.

M. Hamzah, A. Purwati, A. Jamal, S. Sutoyo, and M. Rizki, “An Analysis of Customer Satisfaction and Loyalty of Online Transportation System in Pekanbaru, Indonesia,” 2021, doi: 10.1088/1755-1315/704/1/012029.

E. Permata et al., “Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 2, pp. 92–100, 2020, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12329.

M. Rizki, D. Devrika, I. H. Umam, F. Surayya Lubis, and I. Hadiyul Umam, “Aplikasi Data Mining dalam penentuan layout swalayan dengan menggunakan metode MBA,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, pp. 130–138, 2020, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/8958.

M. Rizki et al., “Aplikasi Metode Kano Dalam Menganalisis Sistem Pelayanan Online Akademik FST UIN SUSKA Riau pada masa Pandemi Covid-19,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 18, no. 02, pp. 180–187, 2021, Accessed: May 30, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12710.

D. D. W. I. Setyawan, P. Studi, T. Industri, F. Teknik, and U. M. Surakarta, “Sepatu Pada Bisnis Online Menggunakan Conjoint ( Studi Kasus : Grizzlyshoe ) ( Studi Kasus : Grizzlyshoe ),” 2022.

Z. Arifin, “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian,” J. Theorems (the Orig. Res. Math., vol. 2, no. 1, pp. 28–36, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.22481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilis Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.