Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Era Digital

Risma Fitriani, Ikah Ikah, Mohammad Rizha Fauzi Amin

Abstract


Perkembangan era digital mempengaruhi banyak sektor, salah satunya dalam pemasaran produk. Salah satu cara memasarkan produk di era digital adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran melalui iklan produk. Tingginya penggunaan media sosial oleh masyarakat merupakan peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan pasarnya dan tanpa batas. TikTok akan menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Salah satu produk yang banyak diiklankan di media sosial adalah produk kosmetik yang saat ini semakin kompetitif di pasaran. Maka, diperlukan penerapan strategi pemasaran produk yang tepat untuk menarik perhatian konsumen melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok sebagai media promosi produk kosmetik dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk kosmetik, selanjutnya sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam memilih cara beriklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan data yang digunakan dari hasil rekapitulasi kuesioner yang berisi variabel penelitian yaitu gambar, audio visual, promosi, informasi, dan model periklanan. Hasil yang diperoleh adalah variabel yang memiliki nilai thitung > ttabel 5,23 > 1,98 dan 4,32 > 1,98 yang artinya terdapat pengaruh positif variabel promosi dan model iklan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Sehingga diperlukan adanya inovasi berkelanjutan untuk mempertahankan ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian produk kosmetik.


Full Text:

PDF

References


C. M, Social Media Security, 1st ed. United Stated of Amerika: Syngress, 2013.

K. Fadhli and N. D. Pratiwi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 603–612, 2021.

T. Fandy, Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia, 2011.

M. I. Mahdi, “Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022,” DataIndonesia.id, 2022.

D. Jemadu, Liberty & Prastya, “Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022,” Suara Tekno.com, 2022.

Selo Winarmi, “Pengaruh Iklan Instagram Dan Tiktok Terhadap Eksistensi Pelanggan Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19 Di Yogyakarta,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 12, no. 2, pp. 2013–2015, 2021.

N. Haasiani, “Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing,” Compas, 2022.

D. Yuliastuti, “Prospek Industri Kosmetik Kian Cantik di 2022,” Fortune Indonesia, 2022.

H. Praisra, TikTok Bukan Media Sosial Lho... Bandung: Republika, 2019.

L. Azizah, J. Gunawan, and P. Sinansari, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 2, 2021.

S. Zayyan and Saino, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan,” J. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 282–291, 2021.

S. E. Zaluchu, “STRATEGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF DI DALAM PENELITIAN AGAMA,” J. Teol. Injili dan Pembin. Warga Jemaat, vol. 4, no. 1, pp. 28–38, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

M. I. Mahdi, “Produk Perawatan Kulit Paling Banyak Dipakai Menurut Gender,” DataIndonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/varia/detail/ini-produk-skincare-paling-banyak-dipakai-pria-dan-wanita (accessed Apr. 25, 2023).

Singgih E Prasetyo, “Batasan usia saat menggunakan kosmetik,” Alodokter, 2020. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/dimulai-umur (accessed Apr. 25, 2023).

A. N. Maharadja, I. Maulana, and B. A. Dermawan, “Penerapan Metode Regresi Linear Berganda untuk Prediksi Kerugian Negara Berdasarkan Kasus Tindak Pidana Korupsi,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 1, pp. 95–102, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i1.3184.

A. A. Satria, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36,” vol. 2, no. April, 2017.

Marwani and A. Maulana, “Pengaruh Media Sosial Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang),” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj. TERAKREDITASI SINTA, vol. 4, no. 3, pp. 605–619, 2021.

M. A. Rizal, I. Saidatuningtyas, and V. C. Melati, “Persepsi Pengguna Layanan Sistem E-Procurement Pengadaan Barang dan Jasa Pada PT . Sapta Sari Tama,” Invent. Ind. Vocat. E-JOURNAL AGROINDUSTRY, vol. 3, no. 1, pp. 16–20, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.22429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risma Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.