Implementasi Mutualism Network Strategy (Munets) Dalam Pengembangan Bisnis CNG Indonesian Product

Fatmawati Pratiwi, Wahyudin Wahyudin, Candra Galang Gemilang Putra

Abstract


Pengembangan bisnis sebuah perusahaan ditentukan dengan kemampuan dalam membangun strategi. Manajemen strategi tidak hanya perusahaan besar, perusahaan kecil sebaiknya juga menggunakan manajemen strategis. Dalam upaya untuk menstabilkan perekonomian di Indonesia yaitu dengan membantu meningkatkan UMKM yang merupakan akses keuangan terbesar Indonesia. CNG Indonesian Product merupakan usaha manufaktur distibusi yang bergerak dibidang fashion, food dan pertanian. CNG Indonesian Product telah berjalan selama satu tahun sejak 2021 yang berlokasi di Kabupaten Karawang. Berdasarkan data yang ada, didapatkan beberapa permasalahan mendasar yang menjadi hambatan, yaitu brand atau merek yang masih baru sehingga menghambat marketing atau pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan CNG Indonesian Product. Kemudian permasalahan modal juga menjadi permasalahan yang dialami oleh CNG, dimana kurangnya modal menjadi hambatan dalam memajukan usaha tersebut. freakan dalam penelitian ini diantaranya metode OMAX untuk menganalisis tingkat produktivitas penerapan Mutualism Network Strategy (MUNETS) dalam Pengembangan Bisnis CNG Indonesian Product. MUNETS merupakan salah satu strategi maketing yang memanfaatkan jaringan yang sudah ada sebelumnya maupun jaringan yang baru dibentuk sehingga akan terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan baik pihak pemilik usaha maupun pihak yang dilibatkan dalam jaringan yang terbentuk. Pada penelitian ini akan dijelaskan penerapan Mutualism Network Strategy (MUNETS) secara detail dan di analisis baik kekuatan, kelemahan, ancaman maupun peluang dari penerapan Mutualism Network Strategy (MUNETS).


Full Text:

PDF

References


Aprijon, Kewirausahaan dan Pandangan Islam, Ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarakat islam, 2013.

A. Fajar, "Strategi Pengembangan Usaha Pada CV. Maicih," Jurnal Econosy, 2018.

e. a. Edward J. Blocher, Manajemen Biaya, Jakarta: Salemba Empat, 2007.

B. Bungin, Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi, Jakarta: kencana, 2013.

R. Pratiwi, Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut dengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Usaha Rengginang Pulut CV. Uul Jaya di Desa Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Meda: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

E. Sugiarti, H. Supratikta and M. Catio, "Repository Unpam," 28 November 2022. [Online]. Available: https://repository.unpam.ac.id/10673/1/MMJ0073_MANAJEMEN%20STRATEGI_unesco.pdf. [Accessed 06 April 2023].

F. Rangkuti, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Edisi Duapuluh Dua, Cetakan ke Dua Puluh Dua, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Jatmiko, "KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI MEMPERLUAS PASAR," 29 April 2014. [Online]. Available: https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/. [Accessed 07 April 2023].

M. Rusdi, "Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya," Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 2019.

D. Saputra, "PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DENGAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX)," Binus University Binus School, Juni 2017. [Online]. Available: https://bbs.binus.ac.id/ibm/2017/06/pengukuran-produktivitas-dengan-objective-matrix-omax/. [Accessed 05 April 2023].

A. Dea, Y. Yoanital and Yuniar, "Strategi Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)," Jurnal Onlien Institut Teknologi Nasional, 2016.

M. Faris, Yuniar and Y. Helianty, "Usulan Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)," Jurnal Teknik Industri Itenas, 2015.

A. R. Tanaamah, Y. R. Beeh and H. R. Ngemba, "Produktivitas Hotel Menggunakan Metode OMAX (Studi Kasus: Hotel Le Beringin Salatiga)," Jurnal Teknologi Informasi Aiti, 2013.

Y. Hardiantara, C. D. Kusmindari and A. Zahri, "Analisis Produktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Gas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) (Studi Kasus: PT SA ARY INDORAYA)," Jurnal Tekno, 2019.

M. Rusdi, "Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya," Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, pp. 49-54, 2019.

E. J. Blocher, Manajemen Biaya, Jakarta: Salemba Empat, 2007.

F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016.

I. Harahap, "Analisis Dampak Penerapan Perbankan Syariah Terhadap Sektor UMKM di Sumatera Utara," Disertasi Program Doktor UIN Sumatera Utara, 2016.

K. M. Biasa, A. Tumbel and M. D. Walangitan, "PEMANFAATAN SISTEM PEMASARAN ONLINE DAN STRATEGI PEMASARAN DALAMMENIGKATKAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MASA PANDEMIC COVID-19 (STUDY MENIGKATKAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MASA PANDEMIC COVID-19 (STUDY KASUS ONLINE SHOP MANADO)," Jurnal EMBA, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.22362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatmawati Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.