Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Logistic Service Quality (Studi Kasus: CV. Kurir Kuriran Samarinda)
Abstract
Kurir Kuriran Samarinda adalah perusahaan layanan jasa yang bergerak dibidang logistik yang berlokasi di Kalimantan Timur. Demi mencapai kelancaran dalam proses pengantaran barang, maka perlu adanya sistem yang dikelola dengan baik sehingga pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan menjadi maksimal, oleh karenanya perlu dilakukan penelitian mengenai kualitas layanan yang ada di Kurir Kuriran Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan dan kepuasan pelanggan yang ada di Kurir Kuriran Samarinda, dan pengaruh dari kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Logistic Service Quality yaitu metode pengukuran kualitas layanan yang berfokus pada usaha logistik, dimensi tersebut terdiri dari Personal Contact Quality, Timeliness, Order Condition, Order Discrepancy Handling, dan Operational Information Sharing (Uvet, 2020). Uvet menyatakan bahwa kualitas layanan dari sebuah perusahaan logistik yang mengacu pada dimensi LSQ sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Oleh karenanya metode LSQ (Logistic Service Quality) dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa ada pengaruh antara variabel Kualitas Pelayanan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan Kurir Kuriran Samarinda dibuktikan dari hasil uji korelasi Spearman yang menunjukan bahwa keseluruhan dimensi kualitas layanan memiliki hubungan terhadap kepuasan pelanggan dan hasil uji regresi linier berganda yang menunjukan terdapat hubungan yang signifikan secara simultan dari dimensi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan terdapat hubungan secara parsial dari dimensi TL terhadap Kepuasan Pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Kurir Kuriran Samarinda, LSQ.
Full Text:
PDFReferences
S. Khotijah, D. Widada, and T. A. Pawitra, “Quality Analysis of Digital Service Virtual Plasa Witel Samarinda Using e-Servqual Method,” JKIE (Journal Knowl. Ind. Eng., vol. 9, no. 3, pp. 159–167, 2022.
H. Uvet, “Importance of logistics service quality in customer satisfaction: An empirical study,” Oper. Supply Chain Manag. An Int. J., vol. 13, no. 1, pp. 1–10, 2020.
D. Levia, “Analisis Proses Produksi CPO Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Mutu CPO,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 82–89, 2023.
L. M. M. Ramdani, A. Z. Al Farity, and A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. II, pp. 85–97, 2022.
A. Wicaksono and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Meminimalkan Cacat Kaleng Di PT XYZ,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. III, pp. 145–154, 2022.
N. A. Pratama, M. Z. Dito, O. O. Kurniawan, and A. Z. Al-Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Seven Tools Dan Kaizen Dalam Upaya Mengurangi Tingkat Kecacatan Produk,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 53–62, 2023.
Z. F. Rosyada, N. B. Puspitasari, A. Susanty, A. R. Andini, and R. Rumita, “Analisis logistic service quality untuk meningkatkan kualitas layanan jasa pengiriman JNE Express,” J@ ti Undip J. Tek. Ind., vol. 15, no. 2, pp. 73–81, 2020.
M. Rizki, D. Devrika, I. H. Umam, F. Surayya Lubis, and I. Hadiyul Umam, “Aplikasi Data Mining dalam penentuan layout swalayan dengan menggunakan metode MBA,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, pp. 130–138, 2020, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/8958.
M. Rizki et al., “Maintenance Of Raw Mill Machines Using Monte Carlo Simulation: A Case Study at Cement Company in Indonesia,” in the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2022, pp. 1652–1664.
E. Permata et al., “Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 2, pp. 92–100, 2020, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12329.
M. Rizki et al., “Aplikasi End User Computing Satifaction pada Penggunaan E-Learning FST UIN SUSKA,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 19, no. 2, pp. 154–159, 2022, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/14730.
M. Rizki et al., “Aplikasi Metode Kano Dalam Menganalisis Sistem Pelayanan Online Akademik FST UIN SUSKA Riau pada masa Pandemi Covid-19,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 18, no. 02, pp. 180–187, 2021, Accessed: May 30, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12710.
A. Rinaldi, N. Rahmadani, P. Papilo, S. Silvia, and M. Rizki, “Analisa Pengambilan Keputusan Pemilihan Bahan Dalam Pembuatan Kemeja Menggunakan Metode TOPSIS,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 18, no. 2, pp. 163–172, 2021, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12862.
S. Siyoto and M. A. Sodik, Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing, 2015.
R. Rahmansah and V. Hartati, “Perencanaan Jadwal Waktu Proyek Modular House Two Storey Menggunakan Pendekatan Critical Path Method di PT XYZ,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 378–386, 2022.
D. O. D. R. Gucci and M. A. S. Nalendra, “Identifikasi Human Error Yang Terjadi Pada Proyek Konstruksi Menggunakan Metode Ergonomi Makro,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 387–398, 2022.
P. Ariyo and M. Nuruddin, “Analisis Postur Tubuh Pekerja Di Graph Multimedia Menggunakan Metode Rula (Rapid Upper Limb Assessment) Untuk Mengetahui Tingkat Resiko Pekerja Printing,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 295–304, 2022.
M. A. Pratama, A. W. Rizqi, and H. Hidayat, “Analisis Resiko K3 Pada Pekerjaan Fabrikasi Konstruksi Di Cv. Arfa Putra Karya Dengan Metode Jsa (Job Safety Analysis),” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 314–323, 2022.
R. Syaputra and S. S. Sofiyanurriyanti, “Analisis Pengendalian Mutu pada Asam Lemak Bebas Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Metode SQC,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 59–66, 2022.
H. Rahmadina, “Perbedaan Perilaku Agresi Remaja Berdasarkan Gender Yang Tinggal Dengan Orangtua Tunggal Di Kota Sukabumi.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
M. R. Riyono, “TA: Analisis Pengaruh Kualitas Website Stikom Institutional Repositories (SIR) Pada Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.” Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2016.
A. Wicaksono and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kaleng Di PT. Maya Food Industries,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 1–6, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.6.
A. S. M. Absa and S. Suseno, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Eq Spacing Dengan Metode Statistic Quality Control (SQC) Dan Failure Mode And Effects Analysis (FMEA) Pada PT. Sinar Semesta,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. III, pp. 183–201, 2022.
B. W. D. Nugroho, N. J. K. Jakti, M. A. N. Rochman, and A. J. Nugroho, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Gula Dan Biaya Kualitas Dalam Menunjang Efektivitas Produksi:(Studi Kasus: PT Madu Baru Pg Madukismo),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 72–81, 2023.
A. Dewangga and S. Suseno, “Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Plywood Menggunakan Metode Seven Tools, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Dan TRIZ,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 243–253, 2022.
A. Anastasya and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. I, pp. 15–21, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.4.
A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Ember Cat Tembok 5kg Menggunakan Metode New Seven Tools:(Studi Kasus: PT. X),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 231–242, 2022.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i2.22171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Ali Husain, Dharma Widada, Theresia Amelia Pawitra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Industri
P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235
Published by:
Industrial Engineering Department
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Office Address:
H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
email: jti.fst@uin-suska.ac.id
Indexed by:
JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.