Analisis Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi UD. XYZ

Pujianto Nur Romadhon, Akhmad Wasiur Rizqi, Hidayat Hidayat

Abstract


UD. XYZ merupakan usaha kedai kopi yang terletak di wilayah Gresik. Usaha ini sangat diminati oleh banyak semua kalangan dalam mempererat tali persaudaraan. Seiring berjalannya waktu, UD. XYZ memiliki permasalahan dalam melakukan perluasan pemasaran dan adanya banyak pesaing. Oleh karena itu, UD. XYZ harus berfokus pada penerapan strategi STP dan marketing mix 4P. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada konsumen UD. XYZ sebanyak 30 responden. Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa seluruh data yang diolah melalui sofware SPSS menunjukkan data valid dan realibel. Sehingga UD. XYZ harus berfokus pada segmenting berdasarkan 7 kriteria dasar. Untuk targeting adalah para konsumen penikmat kopi dan suka berkumpul di kedai kopi. Untuk positioning adalah memasarkan produk kopi dengan cita rasa yang unik dan khas. Serta untuk marketing mix 4P dapat dipadukan dengan strategi STP dalam hal aktivitas kegiatan pemasaran produk dan sebagai alternatif perbaikan untuk meningkatkan penjualan produk serta kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


S. R. Bobby, D. N. Alvi, and R. Elly, “Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen Pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor” vol. 5, no. 1, 2020.

N. H. Latifa and D. D. Rochdiani, “KAJIAN STRATEGI PEMASARAN USAHA KEDAI KOPI KADAKA CAFETARIA DI KOTA BANDUNG,” vol. 4, no. 1, 2019.

S. Barokah, A. N. Andina, and Z. Anggiany, “STRATEGI ADAPTIF KEDAI KOPI ‘COFFEEBREAK’ PURWOKERTO DALAM UPAYA MENYONGSONG NEW NORMAL.”

B. D. Soebakir, B. Lumanauw, and F. Roring, “THE INFLUENCE OF BRAND, PRICE, AND SERVICE QUALITY ON THE DECISION OF CUSTOMERS TO BUY IN KEDAI GUDANG IMAJI MANADO,” Pengaruh Brand… 3843 Jurnal EMBA, vol. 6, no. 4, pp. 3843–3852, 2018.

L. Yulia, W. Setianingsih, F. Ekonomi, and G. Ciamis, “STUDI MANAJEMEN MARKETING BERBASIS ONLINE (PENELITIAN PADA UMKM PRODUKSI MEBEL DI Desa TAMANSARI BABAKAN MUNCANG I KOTA TASIKMALAYA),” JURNAL MANEKSI, vol. 9, no. 1.

P. Fithri, H. Andre, C. W. Refdi, and W. S. Murtius, “Jurnal Andalas: Rekayasa dan Penerapan Teknologi Peningkatan Kapasitas Pengelola UMKM dari sisi Manajemen Operasional dan Pemasaran,” vol. 2, no. 1, pp. 12–15, 2022, [Online]. Available: http://jarpet.ft.unand.ac.id/

H. Syahputra Salim, T. Sumarsan Goh, and dan Errie Margery, “PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. FURNILUX INDONESIA,” vol. 8, no. 1, 2022.

R. Christy Ayu Ali, S. L. Mandey, R. S. Wenas, F. Ekonomi Dan Bisnis, and J. Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, “KEUNGGULAN BERSAING PADA MINUMAN AIR MINERAL CLUB DI KOTA MANADO INFLUENCE OF MARKETING MIX AND CONSUMER SATISFACTION ON COMPETITIVE ADVANTAGE ON MINERAL WATER CLUB DRINKS IN MANADO CITY,” Jurnal EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 1634–1643, 1634.

S. Yayan, R. I. Rifda, S. Widya, K. Ratih, and R. Hany, “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Minimarket Sebagai Tempat Berbelanja” vol. 10, no. 1, 2022.

B. Adnan, “Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe,” Jurnal Visioner & Strategis, vol. 7, no. 2, 2018.

M. Isa, D. Robingatun, I. Program, S. Manajemen, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DI KOTA SURAKARTA.”

L. Mangifera, M. Farid Wajdi, F. Ekonomi, B. Universitas, and M. Surakarta, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN DALAM PEMILIHAN KULINER DI KAWASAN WISATA ALAM KEMUNING.”

K. Setiawan, K. P. Wulandari Laksmi, I. G. N Oka Ariwangsa, and N. Wayan Lasmi, “PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN STP PADA PT. GUESTPRO,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 4, pp. 777–781, 2022, doi: 10.31949/jb.v3i4.3278.

B. Manggu and S. Beni, “ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN PROMOSI PEMASARAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UMKM KOTA BENGKAYANG,” Sebatik, vol. 25, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1146.

A. O. Siagian and Y. Cahyono, “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 206–217, Feb. 2021, doi: 10.47233/jiteksis.v3i1.212.

H. Wutabisu, T. Priyasmanu, ) Program, and S. T. Industri, “STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOPI POSO,” Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, vol. 4, no. 2, 2021.

H. N. Utami, I. Fauzi, and A. Firdaus, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis,” Jurnal Ecodemica, vol. 2, no. 1, 2018, [Online]. Available: www.kebunbibit.id.

R. Dini, H. D. Rina, and F. Willma, “Pengembangan Pemasaran Produk Roti dan Pastry Dengan Bauran Pemasaran 4P Di Sari Good Bakery” vol. 2, no. 1, 2019.

A. A. Gani, B. Modding, S. Hasan, and A. Arfah, “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA MAKASSAR”.

D. Wiryawan and E. Dewi, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Jasa Catering Barokah.” [Online]. Available: https://ekman.fakultasekonomiunikaltar.ac.id/index.php/Ekma/index

N. Novianti, E. Endri, and D. Darlius, “KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN,” MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, vol. 8, no. 1, p. 90, Mar. 2018, doi: 10.22441/mix.2018.v8i1.006.

K. P. Mahendra, D. Ratih, I. Program, M. Bisnis, S. Manajemen, and F. Ekonomi, “PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV MITRA PERKASA UTOMO,” 2018.

F. Anggraini and A. Budiarti, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek”, Vol. 8, No. 3, 2020.

A. Nurhayati and N. Nurhalimah, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN,” Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 1–5, Sep. 2019, doi: 10.34308/eqien.v6i2.93.

K. K. Rafiah, “Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia,” vol. 5, no. 1, pp. 46–56, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.22034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pujianto Nur Romadhon, Akhmad Wasiur Rizqi, Hidayat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.