Mengidentifikasi Bahaya dan Pengendalian Resiko Dengan Metode Job Safety Analysis

Muhammad Nurul Fatach, Efta Dhartikasari, Akhmad Wasiur Rizqi

Abstract


PERUMDA GIRI TIRTA GRESIK merupakan perusahaan air minum. Dengan tugas utamanya memberikan pelayanan air minum terhadap masyarakat, dengan memberikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas sesuai dengan standar kesehatan. Penelitian ini melihat ada beberapa bahaya yang bisa menimbulkan kecelakaan kerja pada karyawan saat bekerja di area reservoair. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Observasi awal menunjukkan ada beberapa bahaya pada karyawan di Reservoair saat melakukan pekerjaan tidak memakai alat pelindung diri sehingga meningkatnya kecelakaan kerja dan juga kurangnya pemahaman terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja. dalam memecahkan masalah ini penulis menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Dengan melakukan identifikasi bahaya, dan penilaian resiko agar dapat diberikan rekomendasi pengendalian dan meningkatkan penggunakan alat pelindung diri saat bekerja. Data yang diolah dengan mengidentifikasi bahaya dan penilaian risiko diperoleh dengan teknik wawancara dan melakukan observasi pada area reservoair. perbaikan yang dilakukan yaitu dengan memberikan rekomendasi pengendalian untuk meminimalisir Kecelakaan yang terjadi di reservoair, dengan memberikan rekomendasi Pengendalian seperti memberikan alat pelindung diri yang sesuai dengan standarisasi dan memberikan informasi pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja


Full Text:

PDF

References


Y. M. N. A. W. D. Ilmansyah, PENERAPAN JOB SAFETY ANALYSIS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DAN PERBAIKAN, Gresik: journal unrika, 2020.

H. D. a. D. C. P. Sukapto, “Implementasi NOSACQ-50 , JSA dan Participatory Ergonomics untuk Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Nyaman, Selamat, dan Humanum (Studi Kasus), Jurnal Kesehatan, 2019.

R. S. B. &. P. E. Sulistiyowati, Evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Praktikum Perancangan Teknik Industri II Menggunakan Metode Job Safety Analysis, J@ti Undip:Jurnal Teknik Industri, 2019.

S. S. C. B. a. F. Yuamita, Analisis Pengendalian Risiko Kecelakaan Kerja Bagian Mekanik Pada Proyek Pltu Ampana (2x3 Mw) Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA), J.Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 2022.

T. I. O. a. M. Y. A. Setiyoso, Analisis Potensi Kecelakaan Akibat Kerja Menggunakan Job Safety Analysis (JSA) dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC), Rekavasi, 2019.

E. I. a. E. D. N. Lisdawanti, Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control ( HIRARC ) di PT Sumber Mas Indah Plywood, J. Teknovasi, 2021.

N. A. M. a. M. Z. F. T. Nur Asih, Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proses Fabrikasi Dengan Menggunakan Metode Hirarc (Studi Kasus : PT. Ravana Jaya)., JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 2019.

Y. P. a. E. Indriastiningsih, Analisis keselamatan dan kesehatan kerja (k3)pada departemen weaving pt panca bintang tunggal sejahtera, J. Ilmu Keperawatan, 2019.

M. Siska and M. Gassani, Analisis 5s dan Hirarc Pada Stasiun Kerja Rotary, Dryer dan Veneer Compouser di PT. Asia Forestama Raya Pekanbaru, Pekan baru: J. Tek. Ind. J. Has. Penelit dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind, 2018.

D. A. a. S. S. D. A. Muhammad, Pendekatan Metode hazard Identification Risk Assesment And Risk Control Dengan KOmbinasi OHSAS 18001 Di Seksi Fabrikasi PT XYZ, JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik industri, 2020.

M. Z. Ikhsan, Identifikasi Bahaya, Risiko Kecelakaan Kerja dan Usulan Perbaikan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA), J. Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 2022.

R. F. a. B. H. N. Hikmi, Penerapan Metoda Job Safety Analysis Dalam Identifikasi Potensi Bahaya Pada Pekerja Divisi Pipa, Sumatera Barat: J. Kesehatan Lingkungan, 2020.

A. Z. A. a. N. A. Mahbubah, Pemetaan Risiko Pekerja Konstruksi Berbasis Metode Job Safety Analysis Di PT BBB, J. Serambi Engineering, 2021.

Y. Ilmansyah., “Penerapan Job Safety Analysis sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja dan Perbaikan Keselamatan Kerja di PT Shell Indonesia, Profisiensi, 2020.

T. B. Y. a. S. H. A. B. N. Ilmy, Analisis Bahaya Kecelakaan Kerja Proses Produksi Mebel dengan Metode Job Safety Analysis, Sanitasi J. Kesehat. Lingkung, 2020.

A. a. A. Suwarno, Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis Di Bagian Mold Maintenance PT XYZ Plant Cikarang,, J. Tek. Ind, 2022.

H. D. a. H. P. P. Sukapto, Penerapan Metode Job Safety Analysis and Risk Score untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Departemen Printing, Sewing dan Assembly PT. PAI, Bandung (Suatu Pendekatan Participatory Ergonomic), ejurnal.poltekkes-tjk, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.21939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Nurul Fatach, Efta Dhartikasari, Akhmad Wasiur Rizqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.