Pengaruh Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (Study Kasus di Cafe Wachito)

Mochammad Imam Mashuri, Ribangun Bamban Jakaria, Tedjo Sukmono, Boy Ismaputra

Abstract


Dengan banyaknya bisnis kuliner yang menjamur, dimungkin tingkat persaingan yang terjadi sangatlah ketat. karena itu segala upaya dilakukan oleh pemilik dalam upaya mempertahankan pelanggan. karenanya memberikan sentuhan dengan memberi ciri setiap usaha serupakan suatu keniscaan. hal ini, agar usaha yang dijalankan memberikan kepuasan kepada pelanggan dan tidak berpindah. penelitian ini dilakukan di café wachito yang bertujuan untuk mengetahui tinggan kepuasan pelanggan terhadap harga, kualitas produk dan kualitas layanan. metode yang digunakan dengan mengguanakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian variabel Fasilitas dan Harga memberikan pengaruh yang positif secara signifikan sebesar 66.5% terhadap kepuasan konsumen pelanggan Wachito di Sidoarjo, nilai signifikansi. Artinya bahwa kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan dapat diciptakan melalui harga, kualitas produk dan kualitas layanan. Sehingga kualitas pelayanan dan Mempengaruhi intensitas kunjungan yang lebih kuat sehingga peningkatan kualitas pelayanan harus berorientasi pada pelanggan.

 

Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas, harga, SEM


Full Text:

PDF

References


N. Arianty, “Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung,” J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, vol. 16, no. 2, 2016.

M. R. Fadillah, M. R. Sacky, R. Nurraudah, and F. Yuamita, “Pembuatan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Peta 3D Bagi Penyandang Tunagrahita Dilengkapi dengan Arduino Uno,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 312–321, 2022.

A. Dewangga and S. Suseno, “Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Plywood Menggunakan Metode Seven Tools, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Dan TRIZ,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 243–253, 2022.

N. Kholis, Y. Pratama, H. Tokomadoran, and V. G. Puspita, “Perancangan Kursi Roda Ergonomis Untuk Penunjang Disabilitas,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 267–276, 2022.

L. M. M. Ramdani, A. Z. Al Farity, and A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. II, pp. 85–97, 2022.

M. El Fikri, “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan,” Jumant, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2018.

J. E. Panjaitan and A. L. Yuliati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung],” DeReMa (Development Res. Manag. J. Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 265–289, 2016.

A. Anastasya and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. I, pp. 15–21, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.4.

A. D. Setiawan, A. Z. Yamani, and F. D. Winati, “Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus UMKM Ahul Saleh),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 286–295, 2022.

T. H. Koestanto and T. Yuniati, “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya,” J. Ilmu Ris. Manaj., vol. 3, no. 10, pp. 1–18, 2014.

N. M. Iskandarsyah and S. Utami, “Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Murah di Hadrah Property,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 129–141, 2017.

E. N. Istiatin, “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer PT. ramayana motor sukoharjo,” J. Paradig. Univ. Islam Batik Surakarta, vol. 13, no. 01, p. 115736, 2015.

M. Munawir, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Foto Copy Awy Comp Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi,” J. Istiqro, vol. 4, no. 2, pp. 204–215, 2018.

F. S. Lubis, A. U. Afifah, and S. Suherman, “Strategi Pengembangan Usaha Tunas Jaya Paving dengan Metode BCG dan Evaluasi Price Strategy,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 254–266, 2022.

M. A. Wagiman and F. Yuamita, “Analisis Tingkat Risiko Bahaya Kerja Menggunakan Metode Hazop (Hazard And Operability) Pada PT Madubaru PG/PS Madukismo.,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 277–285, 2022.

M. R. Yuriandhan, A. Z. Yamani, and H. Q. Karima, “Implementasi E-Sales Berbasis Open Source Sebagai Transformasi Dan Efisiensi Proses Bisnis (Studi Kasus Penjualan Lokal Pt Perkebunan Tambi),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 322–333, 2022.

L. B. Hakim and F. Yuamnita, “Identifikasi Risiko Ergonomi Pada Pekerja Percetakan Aluminium: Studi Kasus Di Sp Aluminium,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 302–311, 2022.

V. A. Rumate and J. I. Sumual, “Pengaruh Pelayanan Rumah Makan Ikan Bakar Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kelurahan Komo Luar Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 3, 2019.

I. Wardani, “Pengaruh Harga, Free Wifi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Coffee JMP Pahlawan Lamongan,” MELATI STIEKHAD, vol. 35, no. 2, p. 1, 2020.

B. Tombeng, F. Roring, and F. S. Rumokoy, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 1, 2019.

A. I. Basri, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking,” Bisman (Bisnis dan Manajemen) J. Bus. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 1–18, 2019.

A. S. Yafie and Y. Abdillah, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Dalam e-Jurnal Adm. Bisnis Vol, vol. 35, 2016.

F. Kurnia, “Analisis Akar Masalah terhadap Kurangnya Minat Dosen Perguruan Tinggi untuk Melanjutkan Studi S3,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 296–301, 2022.

Y. Nursyanti and A. Nina, “Perencanaan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Manufaktur dengan Pendekatan Probabilistik,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 4, pp. 333–348, 2022.

A. Z. Al Faritsy, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Ember Cat Tembok 5kg Menggunakan Metode New Seven Tools:(Studi Kasus: PT. X),” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 231–242, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.20433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mochammad Imam Mashuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.