Pengendalian Mutu Part Accu 12v dan Kaca Anti Peluru Kendaraan Komodo Nexter dengan Metode Quality Control Circle

Erdin Arya Perwira, Agustian Suseno, Risma Fitriani

Abstract


Perusahaan ini bergerak dalam industri Manufaktur dan Hankamnas. Produk utama di perusahaan ini adalah produk alusista pertahanan dan keamanan serta produk komersil untuk pemerintah dan swasta. Pada Departemen QA dan K3H Divisi Kendaraan Khusus, mempunyai komponen part yang banyak seperti kaca anti peluru, accu 12v dan ban luar. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan jumlah defect yang terjadi pada part komodo nexter di area gedung pada Departemen Incoming dengan konsep usulan perbaikan proses pengecekan pada area Incoming Departemen QA dan K3LH. Metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas adalah quality control circle yang berguna menganalisa part/produk defect dan memanfaatkan alat kualitas yang ada pada quality control circle berupa seven tools. analisis pengendalian kualitas dengan metode quality control circle digunakan untuk mengetahui batas kendali mutu. Hasil perhitungan jumlah defect part kaca anti peluru persentase sebesar 1% dari batas kendali 0,057%. Sehingga,  persentase melebihi batas kendali, dan perusahaan mengalami sedikit penambahan kerugian. Hasil analisis yang dapat diberikan adalah penanggulangan dengan quality control circle dan alat pengecekan kualitas pada pemakaian kaca mata lensa pembesar, pemakaian voltmeter, penambahan penerangan, dan pelatihan kesadaran akan pentingnya pegendalian kualitas, penambahan tenaga kerja.

 

Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, Nilai Peta Kendali, Quality Control Circle (QCC), Seven Tools.


Full Text:

PDF

References


Gunawan, U. (2017). Peningkatan Kapasitas Produksi Stearing Handle K81 Menggunakan Metode Quality Control Circle Di Pt Dharma Polimetal. 1–69.

Haryanto, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3. Pengaruh. System, Informasi, Terhadap, Perkembangan.

Muhaemin, A. (2012). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Pada Harian Tribun Timur. Penerapan Pengendalian Mutu, 6–31. Teknologi, 3, 2345.

Nasution, M. N. (2010). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement). Jakarta: Ghalia. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement). Jakarta: Ghalia.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In.

Sulaeman. (2014). Analisa Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Produk Cacat Speedometer Mobil Dengan Menggunakan Metode QCC di PT. INS. VIII(1), 71–95.

Yulianto, A. T. R. I. (2018). Laporan Tugas Akhir Meminimalkan Return Customer Dengan Metode Quality Control Circle dan Quality Loss Fuction (Studi Kasus PT. Artha Food). Eprints.Umsida.Ac.Id, 1, 1–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v7i1.11118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erdin Arya Perwira, Agustian Suseno, Agustian Suseno, Risma Fitriani, Risma Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.