Analisa Karakteristik Mekanis dan Tekno Ekonomi Pembuatan Komposit Batu Bata Merah dari Limbah Gergaji Kayu Karet

Rika Taslim, Inamul Hasan, Misra Hartati, Merry Siska, Muhammad Ihsan Hamdy

Abstract


Inovasi dalam pembuatan batu bata saat ini memiliki tantangan semakin berkurangnya ketersediaan bahan material dasar tanah lempung sebagai bahan utama pembuatan batubata merah sebagai material utama pembangunan perumahan. Untuk menyiasati hal ini, diperlukan suatu alternatif bahan material komposit untuk mengimbangi laju permintaan batu bata yang berakibat pada laju pemakaian bahan dasar tanah lempung dalam produksi batubata merah. Untuk itu penambahan limbah biomassa berupa serbuk gergaji kayu karet dianggap sebuah solusi untuk memproduksi komposit batubata merah berbasis biomassa. Dalam kajian ini, produk komposit serbuk kayukaret dengan tanah lempung menjadi batu bata merah diteliti nilai karakteristik mekaniknya.Proses pembuatan batu bata merah dengan tambahan limbah kayu karet dilakukan dengan metode desain ekperimen dengan beberapa pengujian seperti :(i) uji kuat tekanan dimana hasil terbaik sebesar 61,98% dan termasuk standar SNI mutu kualitas III dan (ii) uji serap air, diperoleh nilai daya serap air terendah sebesar 21,75% dengan tambahan 5% serbuk kayu karet. Untuk Harga pokok produksi batubata komposit ini diperoleh sebesar Rp. 232/unit lebih rendah dibandingkanharga bata konvensional yaitu sebesar Rp.250/unit. Break Even Point diperoleh sebesar 3981 unit selama 4 bulan dan sangat menguntungkan jika diproduksi.

 

Kata kunci:  Batu Bata Merah, BEP, Desai Eksperimern, HPP.

Full Text:

PDF

References


Ali Farida, Astusi Novi Wulan dan Chairani Nahdia. (2015). Pengaruh Volume Koagulan, Waktu Kontak Dan Temperatur Pada Koagulasi Lateks Dari Kayu Karet Dan Kulit Kayu Karet. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. Palembang.

Handayani Sri. (2010). Kualitas Batu Bata Merah dengan Penambahan Serbuk Gergaji. Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Susatyo, P.A., Watiningsih Tri dan Rustendi Iwan. (2014). Sampah Sebagai Bahan Baku Pembuatan Batu Bata” Prosiding Semnas Entrepreneurship Fakultas Teknik, Universitas Wijayakusuma Purwoketo. Purwoketo

SNI 15-2094-2000. (2000). Bata Merah Pejal Untuk Pasangan Dinding. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Suhendra, dkk,. (2015). Karakteristik Fisik Bata Merah dan Kaitannya Dengan Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Sunarya Yayan. (2011). “Kimia Dasar 2”. Bandung: Yrama Widya.

Umar Muhammad. (2018). Uji Kuat Tekanan dan Daya Serap Air Batu Bata Dengan Penambahan Agregat Limbah Cangkang Telur. Repositori Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makasar, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i2.10498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rika Taslim, Rika Taslim, Inamul Hasan, Muhammad Ihsan Hamdy, Misra Hartati, Merry Siska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 WA admin : +62 812-9167-0899

Indexed by:

      

      

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.