STRATEGI PT. KUNANGO JANTAN PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI GOVERNMENT RELATIONS

Rifal Harmi Difour, Toni Hartono

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin menggeliatnya dunia usaha di Indonesia serta akibat diberlakukannya perdagangan bebas yang dapat mengancam industri dalam negeri, sehingga akan mengakibatkan perusahaan lokal akan sulit berkembang. Dengan menerapkan strategi government relations yang tepat diharapkan perusahaan dapat tetap esksis di dunia bisnis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi government relations PT. Kunango Jantan Pekanbaru dalam meningkatkan citra perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa direct lobbying (lobi secara langsung) dilakukan dengan cara mengadakan pertemuan dengan pemerintah perihal perizinan. Audinesi dengan mengadakan pertemuan bersama steakholeder dan pihak yang terlibat dalam menyelesaikan permasalahan. Selanjutnya yaitu dengan mengadakan special events (menyelenggarakan kegiatan khusus) dalam rangka mempererat kerja sama antara perusahaan dan pemerintah.

Keywords


Strategi, Citra dan Government Relations

Full Text:

PDF

References


Budiatna Muhammad (2012). Komunikasi Bisnis Silang Budaya. Jakarta :Prenada Media Group

Frazier Moore (2005). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung : PT Rosdakarya

Kadek Dwi Cahaya Putra (2008). Jurnal Ilmu Komunikasi Strategi Public Relations Parawisata Bali,Vol. 5, No. 1, 44

Mangkunegara (2011) . Manajemen Sember Daya Manusia dan Perusahaan. Jakarta : Remaja Rosada Karya

Make Beard (2012). Manajemen Departemen Public Relations. Jakarta : Erlangga

MD. Rahadhini. (2010) Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Ekonomi dan Kewirausahaan . Peran Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility, Vol. 10, No. 1, 13..

Moerissan (2008). Manajemen Public Relations. Jakarta: Prenada Media Group

Pudji Utomo. (2005) Komunikologi. Strategi Public Relations Dalam Pelayanan Informasi,Vol. 2 No. 1, 40.

Rochoyat Harun (2011) . Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Rino Adibowo, Sylvia Octa Putri (2016) Ilmu Politik dan Komunikasi : Penerapan E-Govermant Dalam Paradiplomasi Pemerintah Kota Bandung Vol 6 No. 2, 2016, 91.

Sudarsono (1996). Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Syarifuddin S dan Suryanto. (2006) Public relations. Yogyakarta :CV Andi Offset

Yantos (2016) Dasar-Dasar Governmen Relations .Jakarta : PT Rajagrafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.9819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id