STRATEGI HUMAS PT. PLN (PERSERO) PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2009 TENTANG SUBSIDI LISTRIK

Andi Suryadi, Julis Suriani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang masih tidak mengetahui Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Subsidi Listrik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Humas PT. PLN Persero Pekanbaru dalam mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Subidi Listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Humas PT. PLN Persero Pekanbaru dalam mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Subsidi Listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Informan penelitian sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi Humas PT. PLN Persero Pekanbaru dilaksanakan melalui, Penemuan fakta, didapatkan dari hasil survey yang dilakukan oleh Humas PT. PLN Persero dengan mengunjungi berbagai daerah sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009. Penemuan fakta lainnya diperoleh berdasarkan seminar yang diadakan oleh Humas PT. PLN Persero Kota Pekanbaru dengan mengundang Camat dari berbagai daerah. Perencanaan, yakni, menyusun jadwal kegiatan sosialisasi, menentukan waktu dan lokasi yang tepat untuk melakukan sosialisasi, menentukan isi pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat, menentukan anggaran pelaksanaan sosialisasi, serta membangun kerjasama dengan berbagai media. Komunikasi, dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Evaluasi, dilakukan dengan mengadakan rapat setelah selesai sosialisasi. Dalam evaluasi ini akan dibahas sejauh mana tingkat keefektivan sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh Humas PT. PLN Persero Pekanbaru. Dengan diadakannya evaluasi ini, pihak Humas akan mengetahui kekurangan dalam sosialisasi tersebut dan kekurangan tersebut dijadikan sebagai pelajaran untuk sosialiasi berikutnya.


Full Text:

PDF

References


Abdul dan Syuti, 2006, Remaja dan Bahaya Narkoba, Kota: Penerbit

Abdurrahman, Oemi, 2011, Dasar-dasar Public Relation, Bandung

Arikunto, Suharsimi, 2009, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi) Cet.IX, Bumi Aksara, Jakarta

Abidin,PLN Jantung Negeri, PT. Bumi Aksara 2015.

Bungin, Burhan, 2006, Pengantar Publlic Relation, PT. Raja Grafindo, Jakarta

Bungin, Burhan, 2007, Metodelogi Penelitian Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Bungin, Burhan, 2007, Sosiologi Komunikasi, Prenda Media Group, Jakarta

Christa Hana Oliva, 2013, Strategi Komunikasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Mengurangi Jumlah Penggunaan Narkoba di Kota Samarinda, Journal Komunikasi, 1 (1): 428-441. FSIP UNMUL.

Davis, Anthony, 2005, Everytink You Should Know About Public Relations (Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Effendy, Onong Uchjana, 1993, Humas Relations dan Public Relations, CV , Mandar Maju, Bandung

Gregory, anne, 2001, Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations, Eralanga, Jakarta

J. A. W. Widjaja. 2000, Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Bumi Aksara, Jakarta

Juach, Laurence, R dan Glueck, William, F, 1998, Manajemen Strategi Dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta

Kriyantono, Rachamat, 2006, Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta

Kuswaya, Wihardit, 2006, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta

Laurence R. Jauch, 1986, Manajemen Strategi Dan kebijakan perusahaan, Erlangga, Jakarta

Moleong, Lexy J, 2007, Metode Penelitian kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Mulyana, Deddy, 2000, Ilmu Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung

Oliver, Sandra. 2007, Strategi Public Relations, Erlangga, Jakarta

Onong Uchjana Effendy, 1999, Ilmu Komunikasi Terori Dan Perkatek, Remaja Rosdakarya, Bandung

Rakhmat, Jalaludin, 2004, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, Jakarta

Rozak, Abdul dan Wahdi Sayuti, 2006, Bahaya Narkoba, Kota: Penerbit

Rozak, Abdul dan Wahdi Sayuti, 2006, Remaja dan bahaya Narkoba, Prenada Media, Jakarta

Ruslan, Rosady, 1997, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Ruslan, Rosady, 2002, Manajeman Public Relations, Raja Grasindo Persada, Jakarta

Ruslan, Rosady, 2006, PR dan komunikasi metode peneltianPT Grafindo Persada, Jakarta

Ruslan, Rosady. 2010, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sondang, P. Siagian,., 1986, Analisa serta Perumusan Kebijakan Strategi, Gunung Agung, Jakarta

Sondang, P. Siagian, 1986, Manajemen Sumberdaya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

Yosal, 2005, Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Sumber Lain :

Jurnal Marlanny Rumimpunu, Desie Warouw dan Stefi harilama, 2014, Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Program Listrik Pintar PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo di Ranotana, Jurnal Volume III NO 1




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i3.7438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id