STRATEGI PELAKSANA FUNGSI HUMAS PUSKESMAS KUOK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA PASIEN BPJS KESEHATAN

Ryandra Dwi Daza Putra, Atjih Sukaesih, Silawati Silawati

Abstract


Puskesmas Kuok adalah salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu fasilitas kesehatan yang dimiliki Puskesmas Kuok adalah pelayanan program BPJS bagi masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pelaksana fungsi humas Puskesmas Kuok dalam meningkatkat pelayanan prima pasien BPJS Kesehatan. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam bentuk kalimat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer yaitu hasil wawancara dengan empat orang informan, hasil observasi, dan dokumen-dokumen di kantor Puskesmas Kuok. Selanjutnya, data sekundernya yaitu arsip dan buku- buku serta dokumen yang ada di Puskesmas Kuok. Hasil penelitian ini adalah pelaksana fungsi humas Puskesmas Kuok telah menjalankan strategi dalam meningkatkan pelayanan prima. Hal ini terlihat dari keempat fungsi humas, yaitu sebagai penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah, dan teknisi komunikasi yang telah meningkatkan pelayanan dari segi Kecepatan, Ketepatan, Keramahan, dan Kenyamanan Puskesmas Kuok.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Bina Askara, 2016).

Hafied Cangara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi (Jakarta:RajaGrafindo, 2013).

Morissan, M.A, Menajemen Public Relations, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008).

Munajad Kuncoro. Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan kompetatif), (Jakarta: Erlangga, 2005).

P Joko Subagyo, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 1996).

Rakhmat Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005).

Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).

Rosady, Ruslan, Manajemen Public Relatin &Media Komunikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006).

Rosady, Ruslan, Manajemen Public Relatin &Media Komunikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010).

Sutrisno Hadi, Metode Research, (Yogyakarta: UII Press, 2001).

Yantos, Dasar-dasar Government Relations Dalam Public Relations, (Jakarta : Rajawali Pers, 2016).

Peraturan perundang-undangan

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pelayanan Medis Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 1997.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 951/MENKES/SK.VII/2000, tentang upaya kesehatan Dasar di Puskesmas

Undang-undang RI Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta: Kementrian kesehatan

Undang-undang RI Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta: Kementrian kesehatan




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i1.6888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id