RESEPSI KOMUNITAS ILMIAH CINEMATOGRAPHY UHAMKA MENGENAI IKLAN MARJAN VERSI BANGKITNYA CALON ARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi Komunitas Ilmiah Cinematography UHAMKA mengenai iklan televisi Marjan versi Bangkitnya Calon Arang. Pendekatan yang digunakan kualitatif deskriptif dengan teori resepsi Stuart Hall, melalui model encoding/decoding. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap delapan informan dari komunitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima informan berada pada posisi dominan, tiga pada posisi negosiasi, dan dua berada dalam posisi oposisi terhadap pesan visual dan perubahan citra religius produk. Temuan ini menunjukkan bahwa audiens dengan literasi visual tinggi tidak sekadar menerima pesan secara literal, tetapi juga secara kritis dan reflektif. Pembahasan menyoroti bagaimana perpaduan visual sinematik dan simbolisme mitologi berhasil menarik perhatian, namun juga menimbulkan perdebatan mengenai kesesuaian citra Marjan yang selama ini identik dengan nuansa religius Ramadhan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa iklan dapat berfungsi sebagai medium penyampaian isu sosial dan bukan sekadar promosi, serta audiens aktif turut membentuk makna berdasarkan konteks sosial dan pengalaman visual mereka.
Keywords
References
Abrar, M. I., Prasetya, H., & Handayani, M. (2022). Analisis Resepsi Pada Film Tanda Tanya Dalam Mendefinisikan Nilai Toleransi Beragama. Innovative, 2(2), 276–282.
Akbar Aprillyanto, M., & Suhartini, T. (2022). Analisis Terhadap Makna Simbol Budaya Lokal Di Dalam Iklan Kuku Bima Ener-G Versi Sumatera Utara Di Televisi. In JPRMEDCOM : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (Vol. 4, Issue 2). https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM
Athirah Ghassani, A., Khohar, A., Romadlan, S., Ilmu komunikasi, P., & Muhammadiyah Hamka, U. (2025). HULONDALO Analisis Semiotika Nilai Perjuangan Ibu dalam Film “How to Make Millions Before Grandma Dies” Semiotic Analysis of the Value of a Mother’s Struggle in the Movie “How to Make Millions Before Grandma Dies.” In Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi (Vol. 4).
Desi, E., Sri, A., & Astuti, R. T. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 13, Issue 1).
Dwiputra, K. O. (n.d.). Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid-19 di klikdokter.com. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
Fahminnansih, F., Farsiah, E., & Erdiana, S. P. (2025). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SIGN SYSTEM SEBAGAI SARANA PENUNJANG ECO GREEN SCHOOL. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.59997/amarasi.v6i1.4553
Farwati, M., Talitha Salsabila, I., Raihanun Navira, K., Sutabri, T., & Bina Darma Palembang, U. (2023). Analisa pengaruh teknologi artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari [Analyze the influence of artificial intelligence (AI) technology in daily life]. Jurnal Sistem Informatika Dan Menejemen, 11(1), 41–42.
Hall, S. (1980). Crime and Media : A Reader. In C. Greer (Ed.), Crime and Media : A Reader (1st Edition, pp. 59–61). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780367809195
Hs, S. A., & Simatupang, S. (2020). THE EFFECT OF INQUIRY TRAINING LEARNING MODELS USING MACROMEDIA FLASH ON STUDENTS LEARNING OUTCOMES OF PHYSICAL SUBJECT. 2(1), 15–21.
Kamandanu, M. P., & Sudrajat, R. H. (2025). RESEPSI PUBLIK ATAS PEMBERITAAN DIGITAL: CITRA ISTANA MAIMUN SEBAGAI WARISAN BUDAYA. 7(1).
Kurnia, A., Saragih, R. P., & Jessica, M. (2025a). Merancang Strategi Kreatif Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menyampaikan Pesan Sosial. Indonesian Journal for Social Responsibility, 7(7), 67–78. https://doi.org/10.36782/ijsr.v7i01.349
Kurnia, A., Saragih, R. P., & Jessica, M. (2025b). Merancang Strategi Kreatif Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menyampaikan Pesan Sosial. Indonesian Journal for Social Responsibility, 7(7), 67–78. https://doi.org/10.36782/ijsr.v7i01.349
Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. In Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan (Vol. 13, Issue 2).
Mustika Auliya, F. A., & Hasna Nur Lina. (2024). ANALISIS RESEPSI GEN Z TERHADAP KONTEN “SEMUA ORANG BISA KEREN” DALAM PEMASARAN DI AKUN TIKTOK @RUCAS. The Commercium, 9(1), 205–217. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65057
Pramulyasari, N. W., & Amalia, F. (2021). Analisis Resepsi Khalayak terhadap Iklan IM3 Ooredo Versi Ramai Sepi Bersama. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 61–71. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/1918
Puspita Tutiasri, R., Arviani, H., Yudi Andika, A., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (n.d.). Analisis Resepsi Budaya Tradisional pada Remaja dalam Iklan Tepung Beras Rose Brand. https://www.youtube.com/@RoseKuliner
Putra Sahidan, A. (2023). ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP NILAI MASKULINITAS BARU DALAM IKLAN KOSMETIK KHUSUS PRIA (Vol. 6).
Rafaelino, B. M., Mustiawan, & Yuliani, M. (2025). Experiential Marketing Communication of 33RPM Store in Efforts to Retain Vinyl Record Enthusiasts. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 9(3), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v9i3.8946/http
Reynolds, T. J., & Phillips, J. M. (2019). The Strata Model Predicting Advertising Effectiveness. Journal of Advertising Research, 59(3), 268–280. https://doi.org/10.2501/JAR-2018-037
Reza Bagus Wicaksono, S., Shadam Alquranta, M., Adrian Maulana, B., & Sholihatin, E. (2024). Pemilihan Bahasa pada Iklan Sirup Marjan dan Dampaknya pada Kesadaran Merek serta Persepsi Konsumen di Surabaya. Bintang Adrian Maulana, Endang Sholihatin INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 11028–11041.
Riangga, A., Nurulloh, M., & Wibaselpa, A. (2023). Pengaruh Iklan Sinematik Terhadap Keputusan Pembelian Dan Brand Awareness Pada Sirup Marjan.
Ross, S. (2011). THE ENCODING/DECODING MODEL REVISITED.
Shabri1, A. N., Al Ghivari2, R., Alkatiri, N. F., & Singgih, R. (2023). Analisis Resepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Pemblokiran TikTok Shop di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 1124–1134.
Sharakhina, L., Ilyina, I., Kaplun, D., Teor, T., & Kulibanova, V. (2024). AI technologies in the analysis of visual advertising messages: survey and application. Journal of Marketing Analytics, 12(4), 1066–1089. https://doi.org/10.1057/s41270-023-00255-1
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Sudaryono. (2021). METODOLOGI PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (2nd ed., Vol. 4). Rajawali Pers.
Tutiasri, R. P. (2023). Analisis Resepsi Remaja pada Nilai Budaya dan Religius dalam Iklan Sirup Marjan (Edisi Baruna Sang Penjaga Samudera). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4961–4967. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2386
Wahid, U., & Aisyah, S. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics "Long Lasting Lipstic Feel The. https://doi.org/10.31294/jkom
Wirawan, A. N., & Munjid, A. (2022). PREVAILING AMERICAN DEMOCRACY WITHIN AFRICAN-AMERICAN LITERATURE OF AMANDA GORMAN’S THE HILL WE CLIMB: STUART HALL’S AUDIENCE RECEPTION ANALYSIS. Rubikon : Journal of Transnational American Studies, 9(1). https://doi.org/10.22146/rubikon.v9i1.69763
Xie, Y., Al Imran, M., Yasin, B., Agil, S., Shekhalsagoff, B., & Ang, L. H. (n.d.). An Overview Of Stuart Hall’s Encoding And Decoding Theory With Film Communication. 8(1), 2022. https://doi.org/10.5281/zenodo.5894796
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i2.37685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id